New Normal, Aktivitas Warga Mulai Menggeliat

New Normal, Aktivitas Warga Mulai Menggeliat

*Pemdes Terus Sosialisasikan Protokol Kesehatan

KEDUNGWUNI - Kenormalan baru atau new normal saat ini tengah digeliatkan masyarakat Pekalongan, khususnya di pedesaan. Yang terpenting, protokol kesehatan tetap diupayakan, meski belum maksimal. Sebab selain mencegah penularan Covid-19, protokol kesehatan juga dibutuhkan sebagai pola perilaku keseharian.

Seperti dijelaskan Kepala Desa Pajomplangan, Imam Mabrur melalui Sekretaris Desa Pajomplangan, Kecamatan Kedungwuni, Muhammad Ihsanuddin, bahwa kesadaran warga dalam berperilaku new normal masih biasa saja. Artinya aktifitas tanpa memperdulikan protokol kesehatan. Meski demikian, pihak pemdes tak henti mengimbau bahkan mencontohkan perilaku new normal dalam hal pelayanan masyarakat.

"Meski warga masih lalai akan protokol kesehatan, kami selalu menghimbau minimal dalam aktifitas di desa untuk selalu patuh protokol, "ungkapnya.

Lebih lanjut Ihsan menjelaskan, desa dengan sebagian besar warganya bergelut di bidang konveksi ini mulai geliatkan aktifitasnya tidak hanya dalam usaha warga yang mulai aktif produksi. Lebih dari itu, kegiatan layanan kesehatan desa seperti posyandu balita, pospindu, serta posyandu lansia juga telah aktif kembali.

"Mulai pertengahan bulan Juni sendiri untuk kegiatan posyandu sudah mulai aktif kembali. Warga juga sudah mulai bekerja yang kemarin sempat fakum produksi konveksi, "jelasnya.

Bahkan budidaya Porang Pajomplangan yang beberapa bulan lalu sempat dilaunching sudah mulai nampak geliat warga memberdayakanya. "Pasca launching nampaknya warga juga sudah mulai memberdayakan Porang, meski masih dalam tahap babat kebun dulu. Dan ada juga yang sudah mulai cari bibit unggul. Bertahap karena budidaya Porang kan tidak mudah. Yang penting warga sudah mulai semangat kembali aktifitas pasca pandemi, "pungkasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: