Sinergikan Renja OPD Dibidang Kesehatan dan Sosial

Sinergikan Renja OPD Dibidang Kesehatan dan Sosial

KAJEN - Setelah sebelumnya tahapan musrenbang tingkat Desa/Kelurahan dan dilanjutkan tingkat Kecamatan. Sekarang dilakukan tahapan proses perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Pekalongan ditingkat forum OPD bidang kesehatan dan sosial yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Pekalongan, Senin (2/3/2020).

Kegiatan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Pekalongan, Edy Widiyanto, dan untuk pemateri dalam acara tersebut yakni Budi Daryono dari Dinas Kesehatan, M. Afib dari Dinas PMD P3A dan PPKB serta Rachmawati dari Dinas Sosial.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Pekalongan, Edy Widiyanto menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian tahapan musrenbang yang ketiga yakni ditingkat forum OPD.

"Kegiatan ini untuk mensinergikan renja dari masing-masing OPD khususnya bidang kesehatan dan sosial dengan pengampu untuk dibahas dan direncana kerja pada tahun 2021," ujarnya.

Masukan dan usulan saat mengikuti musrenbang ditingkat Kecamatan ditampung untuk disinkronisasikan ditingkat OPD. "Tadi sudah disampaikan oleh Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dan Dinas PMD yang berkaitan dengan usulan-usulan dari desa sudah tercover oleh mereka," pungkasnya.

Harapannya agar proses pelaksanaannya bisa dilakukan secara berjenjang karena sesuai dengan undang-undang no. 24 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional itu proses pembangunan memang dimulai dari bawah kemudian sampai tingkat kabupaten. Nanti juga ada kegiatan yang sifatnya instruksional dari tingkat pusat maupun provinsi. Bentuknya DAK, DAU, Instruksi Gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: