Sinergis, RT RW Selalu Dilibatkan dalam Pembangunan

Sinergis, RT RW Selalu Dilibatkan dalam Pembangunan

BERKEGIATAN - Salah satu kegiatan masyarakat di Kelurahan Bendan Kergon, beberapa waktu lalu.

KOTA - Di tingkat kelurahan, Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat seharusnya semaksimal mungkin melibatkan partisipasi aktif masyarakat di tingkat RT dan RW. Pasalnya, masyarakat sendiri yang akan merasakan langsung dampak dari pembangunan dan pemberdayaan.

Demikianlah gagasan Lurah Bendan Kergon, Ismantoro, ketika ditemui di kantornya, Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, baru-baru ini.

Menurutnya, permasalahan pembangunan di Bendan Kergon baik dalam fisik ataupun non fisik, sejauh ini masyarakat sudah biasa terlibat langsung. Tidak hanya pada saat pelaksanaan pembangunan, namun juga terlibat aktif dalam setiap perencanaannya. Bahkan, masyarakat diberikan kesempatan untuk mengusulkan dan mengajukan rencana pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

"Pembangunan fisik di sini alhamdulillah sudah normal, tiap tahun kita mengadakan Musrembang bareng RT RW di mana mereka harus mengusulkan idenya. Karena dengan mengusulkan itu berarti masih mempunyai kegiatan," jelas Ismantoro.

Tidak hanya itu, Kelurahan juga senantiasa mengundang partisipasi aktif masyarakat untuk mengikuti setiap acara sosialisasi pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat. Disebutkan Ismantoro, hubungan Pemerintah Kelurahan dengan masyarakat sudah terbangun sinergitas yang baik dalam menjalankan program-program prioritas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Kalau di sini, setiap ada kegatan atau sosialisasi, pasti yang hadir melebihi jumlah undangan. Jadi, ada komunikasi yang baik dengan masyarakat. Ada sinergi dengan kelurahan. Dan mereka proaktif sekali," terangnya.

Bahkan, tak jarang muncul ide inovatif dari warga. Hanya saja, realisasinya tetap harus mempertimbangkan skala prioritas program yang sudah ada.

"Ide masyarakat itu kadang sangat kreatif, misal dari RW di Jalan Sulawesi ingin membuat tempat ikonik untuk spot selfie. Nah, usulan bagus seperti ini tetap kita akomodir, meskipun untuk pelaksanaan tetap harus melihat daftar skala prioritas," ujarnya.

Selain itu, Ismantoro juga menuturkan bahwa sejauh ini pembangunan infrastuktur, sarana dan prasarana kelurahan Bendan Kergon sudah cukup baik. Kendati demikian, setiap tahun senantiasa meningkatkan dan mencari inovasi baru dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Kondisi sarana dan prasananya bagus, semua jalan sudah diaspal. Infrastruktur itu sesuai dengan skala prioritas, yang perlu langsung dikerjakan ya kita kerjakan. Misalnya untuk tahun 2020 kita sudah punya program mana saja yang perlu kita laksanakan, itu sudah terprogram semuanya," sambungnya.

Ke depan, kata dia, Kelurahan fokus melakukan inovasi untuk pemberdayaan sentra ekonomi masyarakat agar memberi nilai tambah bagi
penghasilan masyarakat. Dia berharap, ke depan RT-RW lebih maju karena sudah cukup proaktif dalam setiap tahapan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Ke depan itu RT-RW itu lebih maju, jalannya lebih bagus, inovasi semuanya dari RT-RW. Jadi semuanya untuk kelurahan biar tambah oke," tutupnya.(ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: