Desa Botosari Punya Embung dan Bukit Pokean yang Eksotis

Desa Botosari Punya Embung dan Bukit Pokean yang Eksotis

*Siap Dikembangkan jadi Tempat Wisata

PANINGGARAN - Potensi alam yang eksotis dengan bukit dan pemandangan yang hijau menjasi spot selfi yang layak dijual dari Desa Botosari, Kecamatan Paninggaran. Karena itu, ke depan potensi tersebut akan dikembangkan menjadi obyek wisata desa.

Dijelaskan Sekretaris Desa Botosari, Muarifin, bahwa desanya memiliki potensi alam yang layak dipromosikan sebagai kunjungan keluarga dan muda-mudi, menawarkan cuaca dingin alam penggunungan. Selain itu, juga memiliki embung dengan luas lahan sekira satu hektar. Saat ini selain fungsi sebagai tandon air bagi warga sekitar juga sebagai tempat pemancingan bagi warga dengan suasana angin yang sejuk liggkungan perbukitan dan hutan pinus yang hijau serta hamparan air yang bening akan segera dikembangkan sebagai sarana pemancingan.

"Pemerintah desa bersama dengan pemuda akan segera menata untuk tahapan pembuatan wisata desa, semoga pihak dinas terkait dapat mensupport upaya kami," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Khairi dan Wahidin yang mejabat perangkat desa setempat. Mereka optimis potensi alam desanya merupakan limpahan anugerah yang luar biasa, dari pertanian, kesuburan hutan membawa pesona tersendiri, sehingga sangat disayangkan jika potensi alam tersebut tidak dikelola dengan baik.

"Saya yakin pesona alam Bukit Pokean dan pemancingan akan menjadi obyek wisata ikon di Kecamatan Paninggaran khususnya," ungkapnya.

Mereka yaqin potensi tersebut akan semakin mendongkrak perekonomian warga. Dalam hal ini, dua dari tiga dusun dengan puluhan warga desa yang menjadi pelaku kerajinan sapu glagah akan semakin dikenal dan akan terbuka lebar peluang usaha.

"Di sini ada dua dusun mayoritas warganya membuat sapu glagah, bahkan dulu pernah masuk MURI dengan sapu glagah terbesar se Indonesia. Semoga ke depan tambah maju dan desa kami semakin meningkat kesejahteraannya," pungkasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: