Deskranasda Ajak Milenial Berlatih Membatik

Deskranasda Ajak Milenial Berlatih Membatik

PELATIHAN - Deskranasda menggelar pelatihan desain motif batik untuk para pemuda.

BATANG - Pemkab Batang melalui Deskranasda menggembleng puluhan pelajar dan pemuda Batang untuk bisa membuat batik. Salah satunya melalui Pelatihan Desain Motif Batik Deskranasda, Rabu (11/12), di Hotel Sendang Sari Batang.

Ketua Harian Deskranasda Batang, Subiyanto didampingi Kabag Perkembangan Gagok Prasetyo menjelaskan, pelatihan tersebut penting, menyusul minat pemuda untuk membatik terbilang rendah. Terlebih, membatik butuh keuletan dan untuk menghasilkan batik perlu waktu yang cukup lama.

"Pelatihan ini, salah satunya untuk memupuk kecintaan mereka pada batik. Sehingga mereka bisa tertarik melestarikan batik dengan menjadi pembatik. Namun tentunya bisa menjadi pembatik masa kini yang peluangnya bisa lebih luas lagi," terang Subiyanto.

Kegiatan itu diikuti oleh 45 peserta, terdiri dari 30 pelajar SMKN 1 Warungasem dan SMK PGRI Batang, serta 15 peserta umum. Peserta juga akan menjalani berbagai rangkaian materi dari akademisi UNNES, Dr Ir Rodia S MPd, pelatihan membuat Klowong, dan terakhir pelatihan membuat desain.

Dijelaskan Subiyanto, dalam pelatihan yang digelar selama dua hari itu, mereka akan dilatih mulai dari cara mendesain motif batik. "Di provinsi sendiri ada even desain motif batik, tapi belum banyak diketahui orang. Nanti, kami harap para peserta bisa ikut kompetisi semacam ini," harapnya.

Pihak Deskranasda Batang juga berharap ke depan muncul pembatik muda Batang yang sukses. Mereka mampu mengangkat Batik Batang ke kancah nasional. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: