Di Tengah Pandemi, Aktivitas BKM Bligo Justru Menggeliat

Di Tengah Pandemi, Aktivitas BKM Bligo Justru Menggeliat

BUARAN - Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Bligo, Kecamatan Buaran, sudah mulai menggeliatkan kembali aktivitas perekonomian, meski masih dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Sempat meredup, namun berkat semangat masyarakat unit usaha yang bergerak di bidang usaha jasa sewa layos hingga penyedia air bersih tersebut kembali berjaya.

"Meski alat sewa lengkap, ternyata kan tidak ada masukan. Terus kita buat BKM yang lebih aktif dan lain sebagainya. Sekarang dengan bentuk baru, kemarin saja baru kita resmikan untuk unit sewanya , ternyata kan masyarakat itu Guyub sampai pengecatan dan lain sebagainya dilakukan masyarakat. Dan sekarang sudah ramai penyewa," jelas Lurah Bligo, Fathur Rohman, ketika ditemui di kantornya, Rabu (12/8/2020).

Dijelaskan Fathur, sebenarnya BKM Bligo sendiri untuk unit jasa sewa yang diberi nama "UUS Bangkit" BKM Mandiri kelurahan Bligo sudah lengkap sarana prasarananya, seperti mobil untuk angkut layos, kursi, meja hingga speaker. Namun karena kendala internal, aktivitasnya sempat redup, sehingga usaha penyewaan tersebut tidak berjalan lancar.

Namun berkat semangat warga untuk mengaktifkan kembali unit usahanya, meski pandemi nyatanya unit usaha BKM Bligo sudah aktif mulai ada pemasukan kembali. "Dan ini sudah mulai ramai yang sewa. Apalagi ini momennya hajatan. Untuk harganya sendiri terjangkau, umumlah," urainya.

Selain penyewaan sound system, BKM Mandiri juga punya usaha lain yang tak kalah aktif, yakni pengelolaan air bersih "TIRTO BALONG. "Lokasinya sendiri disatu atap dengan TPS 3R, sekaligus lokasi BKM mandiri. Disini juga ada PDAM dari program Kotaku yang juga aktif, "pungkasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: