Diduga Genset Disambar Petir, Kantor BRI Terbakar

Diduga Genset Disambar Petir, Kantor BRI Terbakar

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Pembantu (KCP) Unit Pagerbarang, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal terbakar, Senin (25/2). Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa.

Kebakaran diduga karena genset tersambar petir saat digunakan untuk mengaliri listrik yang sedang mati lampu di kantor tersebut. Kala itu kondisinya sedang turun hujan. Beruntung, kobaran api setinggi 15 meter itu berhasil padam dengan siraman air hujan dan petugas BRI serta masyarakat yang menggunakan Alat Pemadaman Ringan (Apar).

PADAMKAN API - Sejumlah petugas Damkar Kabupaten Tegal memadamkan api yang membakar BRI KCP Unit Pagerbarang, Senin (25/2) sore. YERI NOVEL/RADAR SLAWI

"Saat api muncul, bank sedang beroperasi. Kebetulan saya baru keluar dari bank. Tiba-tiba, warga sudah ramai di depan,"kata Adi Kurniawan,25, salah satu warga setempat.

Adi tak menampik jika saat kejadian bersamaan dengan turun hujan dan mati lampu. Sehingga pihak bank menggunakan genset untuk mengaliri listrik di lingkungan kantor tersebut.

"Sepertinya ada korsleting di genset itu," kata Adi menduga-duga.

Pemimpin BRI Cabang Slawi Florianus Partadi membenarkan jika munculnya api disebabkan karena korsleting genset yang tersambar petir. Akibatnya, sejumlah alat elektronik seperti AC dan genting ruangan rusak parah karena dilalap si jago merah. Kendati kondisi kantor tampak rusak, tapi pihaknya memastikan jika pelayanan tidak terganggu.

"Saya pastikan kantor ini besok sudah mulai beraktivitas seperti biasa. Jadi, tetap tidak ada libur maupun pemindahan operasional kantor," tandasnya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal HM. Berlian Adjie melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Damkar Kusnadi mengaku mendapat laporan peristiwa itu pada pukul 14.00. Dalam waktu singkat, pihaknya langsung datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan mengerahkan dua unit armada damkar.

"Kami datang ke lokasi untuk memastikan bahwa api sudah padam,"ujarnya.

Dia menyebut, peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa. Sedangkan kerugiannya, saat ini sedang dirinci oleh pihak bank. Saat memadamkan kebakaran itu, petugas damkar dibantu oleh tim dari BPBD, anggota Polsek dan Koramil Pagerbarang.

"(Kebakaran) Itu kejadiannya sekitar jam setengah dua siang. Dan kami datang ke lokasi jam setengah tiga. Api berhasil dipadamkan sekitar jam tiga sore,"pungkasnya. (yer/ima)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: