Dilantik, MUI Kendal Siap Garap Remaja Masjid

Dilantik, MUI Kendal Siap Garap Remaja Masjid

RADARPEKALONGAN.ID - Pengurus Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kendal periode tahun 2022-2027 resmi dilantik oleh Ketua MUI Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (17/12/2022), di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal. KH. Assroi Tohir yang kembali dilantik sebagai Ketua MUI Kendal pun menyatakan komitmennya untuk menggarap segmen remaja masjid yang kelak menjadi penerus dakwah.

Pelantikan juga dihadiri Forkopimda Kendal, para Kepala OPD terkait, Ketua Baznas Kendal Syamsul Huda, para kiai dan tokoh agama di Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya usai dilantik, KH. Assroi Tohir mengatakan kesiapannya untuk meningkatkan partisipasi anggota MUI Kendal hingga tingkat kecamatan guna menghadirkan kegiatan-kegiatan riil yang dibutuhkan masyarakat.

"Salah satu contohnya, kami akan berkolaborasi dengan dewan masjid untuk membina peran remaja masjid. Sebab mereka inilah yang nantinya menggantikan estafet tugas kami yang sepuh-sepuh ini," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mendorong pengurus MUI kecamatan agar berkolaborasi dengan stakeholder pemerintahan, karena banyak kegiatan sosial yang bisa dilakukan di sana. "Sehingga kita bersama-sama dapat bermanfaat bagi masyarakat di lingkungnya masing-masing," ujar KH. Asroi Tohir.

Ketua Umum MUI Provinsi Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji, menyampaikan apresiasinya atas gerak cepat yang dilakukan kepengurusan MUI Kendal pasca Musda, awal Desember lalu.

"Saya mengapresiasi langkah MUI Kendal yang melaksanakan pelantikan ini, karena hanya selang dua minggu dari Musda kemarin. Kalau daerah lain sampai berbulan-bulan. Semoga semua pengurus MUI Kendal ini dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat," harapnya.

Sementara Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menghadiri pelantikan, menyampaikan harapannya agar MUI Kendal bisa terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Kendal. Utamanya dalam keikutsertaannya mensukseskan pembangunan di Kabupaten Kendal, serta mengantisipasi paham dan gerakan radikalisme di daerah.

"Saya berharap kepada segenap pengurus MUI Kendal, yaitu sesuai dengan tugas dan fungsinya MUI terus memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umat Islam di Kabupaten Kendal, dalam mewujudkan kehidupan beragama dan bermasyarakat yang diridhoi Allah Subhanahu Wataallah, dan bisa memberikan nasihat dan fatwa mengenai masalah keagamaan dan kemasyarakatan kepada Pemerintah dan masyarakat agar meningkatkan ukhwah Islamiyah dan kerukunan antar-umat beragama dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa," tutur Bupati Dico.

Bupati Dico juga meminta agar kolaborasi dalam menjaga kondusivitas wilayah ini juga dilaksanakan di tingkat kecamatan, yaitu melakukan komunikasi antara Camat, Koramil, Polsek dan MUI di tingkat kecamatan se-Kabupaten, agar kondusivitas wilayah bisa terjaga dengan baik. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: