Diliburkan, Siswa Kelas XII Kerjakan US dari Rumah secara Daring

Diliburkan, Siswa Kelas XII Kerjakan US dari Rumah secara Daring

WAHYU HIDAYAT
SEPI - Suasana di SMAN 2 Pekalongan pada Senin (16/3/2020) pagi lebih sepi dari hari-hari biasanya karena para siswa diliburkan selama 14 hari.

Diliburkan, Siswa Kelas XII Kerjakan US dari Rumah secara Daring

KOTA - Adanya surat edaran dari Gubernur maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang meliburkan sekolah-sekolah dalam rangka pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), berimbas pada kegiatan belajar mengajar maupun pelaksanaan ujian di jenjang SMA.

Tak terkecuali di SMA Negeri 2 Pekalongan. Seluruh siswa, dari Kelas X sampai XII diliburkan selama 14 hari, mulai Senin (16/3/2020) hingga 29 Maret 2020 mendatang. Siswa diminta untuk belajar di rumah.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 2 Pekalongan, Ade Agung Firmansyah SKom, menjelaskan bahwa seluruh siswa Kelas X sampai XI diminta untuk belajar di rumah. "Mereka mendapatkan penugasan mandiri oleh bapak ibu guru mata pelajaran masing-masing, dan mengerjakannya dari rumah. Hal yang sama sepertinya juga dilakukan sekolah-sekolah lain," jelas Agung, Senin (16/3/2020).

Sedangkan khusus untum siswa Kelas XII, kata Agung, mereka sebenarnya mulai hari Senin ini dijadwalkan mengikuti Ujian Sekolah (US). Karena diliburkan, maka jadwal US ditunda sehari, dan akan dilaksanakan mulai Selasa (17/3/2020).

Siswa Kelas XII ini, rincinya, total berjumlah 251 siswa. Mereka terdiri atas siswa Program Studi MIPA 124 siwa dan Program Studi IPS 127 siswa. Adapun teknis ujiannya, akan dilaksanakan secara online atau daring.

"Pelaksanaan US, anak-anak tidak perlu ke sekolah. Mereka cukup mengerjakan US dari rumah masing-masing menggunakan HP, PC, atau laptop yang ada koneksi internetnya. Kita sudah menyediakan alamat web atau portal untuk pelaksanaan US ini. Siswa tinggal memasukkan Username dan Password masing-masing. Username dan password ini kita berikan hari ini dan besok bisa mulai digunakan," jelas Agung.

Mengenai jadwal, waktu, atau mata pelajaran yang diujikan, pihak sekolah sudah mengaturnya. "Jam dan jadwal ujiannya sudah kita tentukan," ujarnya. "Cuma kurang lima mapel yang belum diujikan dalam US ini," sambungnya.

Sedangkan untuk siswa Kelas X dan XI, lanjut Agung, masing-masing guru sudah diberikan format penugasan untuk para siswa. "Mereka bisa menggunakan media internet apapun untuk memberikan tugas atau pembelajaran pada anak didik," terangnya.

Pantauan di lokasi, suasana SMAN 2 Pekalongan pada Senin (16/3/2020) memang lebih sepi dari hari-hari biasanya. Tidak ada siswa yang berangkat ke sekolah. Sedangkan para guru maupun tenaga kependidikan lainnya masih tetap berangkat. "Untuk guru dan tenaga kependidikan masih tetap berangkat, dari pagi sampai jam 4 sore," imbuh Agung. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: