Dinsos Dirikan Dapur Umum, Sediakan 1000 Nasi Bungkus

Dinsos Dirikan Dapur Umum, Sediakan 1000 Nasi Bungkus

KAJEN - Untuk membantu korban banjir yang tinggal di pengungsian, Dinas Sosial mendirikan dapur umum di rumah singgah Wiradesa.

Dapur umum didirikan untuk melayani para korban banjir yang berada di pengungsian di wilayah Kecamatan Tirto, Wiradesa dan Siwalan. Adapun petugas yang masak adalah relawan dari tim Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Setidaknya dalam satu kali memasak di dapur umum mencapai sekitar 1000 nasi bungkus, dilengkapi dengan lauknya.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan Yudhi Himawan, Senin (02/1/2022). Kata dia, untuk membantu para korban banjir pihaknya sudah menerjunkan puluhan tim dari Tagana dengan membuka Posko dapur umum untuk korban bencana banjir.

"Untuk dapur umum dibuka sejak kemarin, berlokasi di rumah singgah Wiradesa. Tim terdiri dari Dinsos dan Tagana," katanya.
Pihaknya mengungkapkan, dapur umum itu untuk melayani kebutuhan konsumsi masyarakat korban bencana dan kebutuhan konsumsi para relawan. Kemudian personil lapangan yang bertugas menangani proses penanganan bencana.

"Kami juga memberikan bantuan selimut dan alas tempat tidur untuk para pengungsi," ungkapnya.

Menurutnya, kebutuhan konsumsi diberikan ke pengungsi selama tiga kali, untuk lauknya bervariasi, ada mie sama telur dadar, capcay sama tempe goreng, dan sayur taoge, telur dadar, serta tempe.

"Untuk sekali masak maksimal kami 1.000 porsi,"imbuhnya.

Sementara Kepala Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Ali Mansur mengatakan bahwa sampai Senin (02/01/2022) air sudah mulai surut. Namun demikian masyarakat yang mengungsi masih ada ratusan karena air masih tinggi 50 sampai 70 centimeter. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: