Diskusi KKSS: Berbagi Solusi di Tengah Pandemi

Diskusi KKSS: Berbagi Solusi di Tengah Pandemi

KOTA - Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKS) Pekalongan menggelar talkshow dengan tema 'Cara Mengatasi Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi Covid-19' di Pesonna Hotel, Pekalongan, Sabtu (29/8/2020). Dalam talkshow, yang bertindak sebagai narasumber adalah peserta yang hadir. Beberapa perwakilan peserta, menyampaikan kondisi yang dialami sekaligus solusi yang ditempuh untuk bertahan di tengah tekanan ekonomi di tengah pandemi.

Berbagai pengalaman dan inspirasi yang dibagikan oleh peserta dalam mengatasi kendala ekonomi, juga dilengkapi sejumlah saran dan pengalaman yang disampaikan Basyir Ahmad di mana dalam kegiatan tersebut didapuk sebagai keynote speaker. Dipandu moderator Sekretaris DPMPTSP, Supriyadi, diskusi berjalan menarik dengan berbagai cerita yang diungkap oleh peserta.

Ketua BPD KKSS Pekalongan, Ricsa Mangkulla menyatakan, hal tersebut memang menjadi tujuan utama digelarnya kegiatan talkshow tersebut. "Di sini kita hadirkan narasumber yakni para pelaku untuk berdiskusi bagaimana peluang saat ini. Sehingga ketika pulang dari acara ini semua sudah punya gambaran harus seperti apa melangkah," tuturnya.

Menurut Risca, yang terpenting masyarakat, pelaku bisnis maupun tulang punggung keluarga jangan pesimis. Sebab masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Selain itu, Ricsa juga mengajak seluruh stakeholder untuk saling membantu. "Harapan kami semua stakeholder ini bisa saling membantu di tengah kondisi seperti ini," tambahnya.

Digelarnya talkshow tersebut, dikatakan Ricsa merupakan bentuk kepedulian KKSS yang memiliki prinsip 'Di mana langit dipijak, di situ langit dijunjung'. Sehingga KKSS ingin turut berkontribusi dan menghadirkan inspirasi bagi masyarakat di Pekalongan dalam rangka menghadapi kondisi saat ini.

Ketua BPW KKSS Jawa Tengah, Muzdalifah Pangka dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas inisiatif KKSS Pekalongan yang telah menggelar talkshow tersebut. "Acara ini sangat menarik. Karena di tengah pandemi, siapapun orangnya pasti mengalami masalah ekonomi yang terpuruk," tuturnya.

Namun dia mengajak agar seluruh masyarakat tidak terlena dan mampu bangkit sehingga justru dapat mengambil hikmah dari kondisi pandemi. Dia juga mengajak agar seluruh masyarakat harus banyak berbuat untuk membantu sesama.

Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz yang berkesempatan membuka acara mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memang berdampak besar pada kondisi ekonomi. Penghasilan sebagian besar masyarakat menurun, atau bahkan hilang. "Namun sebagian masyarakat dapat melakukan langkah-langkah sederhana untuk tetap mempertahankan ekonominya," kata Wali Kota.

Dirinya juga mengapresiasi inisiatif KKSS yang menggelar kegiatan tersebut. Diharapkan, melalui talkshow bisa memberikan berbagai inpsirasi, pengetahuan serta trik dalam menghadapi kondisi ekonomi di tengah pandemi.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: