Dorong Digitalisasi Pendidikan PAUD

Dorong Digitalisasi Pendidikan PAUD

BERKUMPUL - Para guru PAUD Kecamatan Kajen berkumpul dalam acara PKG.

KAJEN - Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Kajen menggelar pertemuan, dalam rangka melaksanakan fasilitasi data pendidik dan peserta didik melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan Operator Lembaga PAUD se Kecamatan Kajen. Sebanyak 150 peserta turut hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan Selasa (26/11) lalu.

Pada era digital seperti sekarang ini, seluruh data administrasi lembaga pendidikan harus dilaksanakan secara online dan terkomputerisasi, begitu pula bagi lembaga paud formal maupun non formal.

PKG merupakan organisasi yang membawahi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang manjadi penggerak agar para pendidik mampu dengan lihai menangani dapodik secara online. "Dengan tujuan-tujuan itulah, sehingga pada Hari Selasa ini, kami, PKG Kecamatan Kajen melaksanakan fasilitasi data pendidik dan peserta didik melalui dapodik yang diikuti Kepala Sekolah dan Operator Lembaga PAUD," ujar Maftuh Skom selaku Pembicara sekaligus Operator Dapodik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan.

Ia menyampaikan pula, bahwa sistem dapodik ini dibuat untuk memudahkan, bukan untuk mempersulit dalam pendataan lembaga. "Memang untuk awal mungkin terasa sulit, sehingga pelaksanaan butuh penyesuaian," ujar dia.
Sementara itu, Kholifah selaku Bidang Pendidikan PKG Kecamatan Kajen berharap agar seluruh elemen pendidik lembaga PAUD di Kecamatan Kajen dapat memahami dan menerapkan format dapodik dengan baik dan benar. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: