Dua Hari, 72 Kader Digembleng PKD Ansor ke-42

Dua Hari, 72 Kader Digembleng PKD Ansor ke-42

SEMATKAN - Kasatkorcab Banser GP Ansor Batang, Akhmad Mustofa saat menyematkan tanda peserta kepada peserta PKD.

TULIS - Sekitar 72 anggota GP Ansor mengikuti gelaran Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke-42 selama dua hari, Sabtu sampai Minggu (4-5/1) kemarin. PKD yang dipusatkan di Lapangan Desa Ponowareng Tulis itu kebanyakan diikuti oleh perwakilan ranting yang ada di Kecamatan Tulis.

Wakil Ketua PC GP Ansor Batang, Danang Aji Saputra ST , kegiatan PKD bisa menjadi pintu masuk bagi kader untuk berkhidmad kepada Ansor. Sebab para peserta itulah yang nantinya meneruskan tonggak perjuangan sesepuh NU, Khususnya di Tulis dan Kabupaten Batang.

"Kami harap kegiatan ini mampu membekali para peserta dengan materi KeNUan, Aswaja, Keansoran, manajemen Organisasi, Kepemimpinan, dan aneka materi lainnya. Tentunya, materi ini nanti jadi bekal mereka saat menjalankan kepengurusan GP Ansor Batang dan di PAC Tulis," jelas Danang saat diwawancarai usai kegiatan pembukaan.

Lebih lanjut, Ketua PAC GP Ansor Tulis, Riono Abdurrohman menjelaskan, kegiatan PKD dilaksanakan selama dua hari, mulai Sabtu sampai Minggu (4-5/1), dengan aneka materi.

Setelah Kegiatan, peserta telah resmi menjadi anggota GP Ansor. PKD juga menjadi salah satu syarat untuk mengikuti Diklatsar Banser. Pasalnya, untuk menjadi anggota Banser peserta wajib mengikuti kegiatan pengkaderan, yakni PKD dan kemudian mengikuti Diklatsar Banser.

"Jadi PKD ini merupakan gerbang awal anggota GP Ansor untuk masuk menjadi anggota Banser. Nantinya setelah khatam pengkaderan melalui PKD, anggota masih diharuskan mengikuti Diklatsar Banser. Baru setelah lulus Diklatsar Banser, mereka resmi menjadi anggota Banser," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: