Dukung PPDB Online, Siapkan 6 Help Desk

Dukung PPDB Online, Siapkan 6 Help Desk

*SMP Negeri 3 Batang

BATANG - Tahun ini Disdikbud Batang menggelar pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Meski begitu masyarakat belum terbiasa untuk mengakses sistem baru ini. Oleh karenanya setiap sekolah penyelenggara pun menyiapkan petugas help desk untuk membantu wali murid ataupun Calon Peserta Didik (CPD) untuk mendaftar.

Salah satunya seperti yang dilakukan SMPN 3 Batang. Pada PPDB kali ini pihaknya menyiapkan enam help desk untuk membantu CPD melakukan pendaftaran. Sebelum mendaftar pihaknya pun terus melaksanakan protokol pencegah Covid-19.

"PPDB Online ini memang masih terasa seperti offline ya. Karena banyak orang tua yang belum paham bagaimana cara input data secara mandiri. Oleh karenanya kami juga membuka help desk PPDB online di sekolah. Tentunya dengan melaksanakan protokol kesehatan, untuk menghindari penyebaran Covid-19," terang Kepala SMPN 3 Batang, Bambang Purwantyono MPd didampingi Panitia PPDB, Dra Eminingsih MPd saat diwawancarai, Selasa (23/6/2020).

Penyediaan helpdesk ini memang sudah sesuai dengan imbauan Disdikbud Batang. Dengan harapan, help desk ini bisa membantu meringankan orang tua atau CPD yang belum terbiasa dengan sistem online. Sehingga juga waktu pendaftaran lebih efektif, efisien, dan minim keselahan saat meng-upload data ataupun berkas.

Dijelaskan, tahun ajaran ini pihaknya menerima pendaftaran untuk 224 siswa dengan 7 rombongan belajar. Untuk jalur pendaftaran, pihaknya mengakomodir jalur zonasi dengan kuota 60 persen, jalur prestasi 20 persen, afirmasi 15 persen, dan juga jalur perpindahan orang tua 5 persen.

Untuk pelaksanaan PPDB Online hingga hari kedua ini terpantau lancar. Meski sempat ada gangguan dari server, namun proses pendaftaran bisa dilakukan sesuai dengan prosedur.

Pihaknya ke depan berharap bagi CPD yang diterima agar bisa beradaptasi dengan lingkungan SMPN 3 Batang. Baik itu yang diterima dari jalur zonasi, prestasi maupun lainnya.

"Untuk proses seleksinya tentunya transparan sesuai dengan data dan hasil yang juga tercantum dalam PPDB online. Oleh karenanya kami berharap ke depannya, siapapun yang berhasil masuk ke SMPN 3 Batang ini untuk terus bekerja keras, dan tetap semangat untuk belajar dan berprestasi," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: