Empat Anggota Keluarga Pasien Covid-19 dari Podosugih Dirapid Test

Empat Anggota Keluarga Pasien Covid-19 dari Podosugih Dirapid Test

*Hasil Non Reaktif

Kabid P2P Dinkes Kota Pekalongan, Indah Kurniawati

KOTA - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan, melakukan rapid test terhadap anggota keluarga pasien positif Covid-19 di Podosugih yang meninggal dunia pada Minggu (14/6/2020). Ada empat anggota yang dirapid test Senin (15/6/2020) pagi dan menunjukkan hasil non reaktif.

"Untuk kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia dari Podosugih, sebenarnya memang belum lama tinggal di Kota Pekalongan sehingga kontaknya baru dengan keluarga dekat saja. Sehingga hari ini kami melakukan rapid test terhadap empat anggota keluarga yang sudah bertemu dengan yang bersangkutan. Hasilnya alhamdulillah non reaktif," ungkap Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinkes Kota Pekalongan, Indah Kurniawati.

Terhadap hasil itu, dia menyatakan keempat anggota keluarga tersebut hanya diminta untuk isolasi mandiri di rumah dan akan dipantau oleh petugas dari Puskesmas setempat. "Karena non reaktif jadi tidak perlu dilakukan tes swab. Mereka hanya kami minta isolasi mandiri sambil nanti akan dipantau petugas setiap hari," tambahnya.

Ditanya terkait hasil tracking kontak dengan warga sekitar, Indah menyatakan bahwa yang bersangkutan tiba di Kota Pekalongan sudah dalam kondisi sakit. Sehingga tidak pernah melakukan kontak dengan orang luar atau warga sekitar. "Dengan warga tidak ada kontak sama sekali. Yang bersangkutan tidak pernah bertemu dengan warga karena tidak ada kegiatan ke mana-mana. Sehingga untuk warga sekitar tidak kami lakukan rapid test," jelasnya.

Sebelumnya, terdapat seorang pasien terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Kota Pekalongan yakni warga berinisial S, berjenis kelamin laki-laki, usia 56 tahun, warga Podosugih, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Dari informasi yang didapatkan Radar Pekalongan menunjukkan bahwa yang bersangkutan pulang dari Jakarta sekitar enam hari lalu dalam kondisi sakit. Lalu, sempat menjalani perawatan di RSUD Kraton. Hasil tes swab menunjukkan yang bersangkutan positif Covid-19. Namun setelah beberapa hari menjalani perawatan di rumah sakit, almarhum meninggal dunia pada Minggu (14/6/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: