Forkombi Gaungkan Gerakan Investasi Pendidikan

Forkombi Gaungkan Gerakan Investasi Pendidikan

BERI SAMBUTAN - Wakil Bupati Suyono berkesempatan hadir dan memberikan sambutan saat acara workshop yang digelar Forkombi, baru-baru ini.

BATANG - Forum Komunikasi Mahasiswa Batang Indonesia (Forkombi) melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Pendikbud) menggagas gerakan investasi pendidikan Kabupaten Batang. Gagasan itu bahkan diangkat menjadi topik pada acara Sosialisasi dan Pembekalan Volunteers Sosialisasi Masuk Kampus 2020, baru-baru ini di Pendopo Pemkab Batang.

Gerakan tersebut menjadi cara Forkombi merespon kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Batang yang masih belum menggembirakan. Mereka ingin menggugah kesadaran masyarakat, terutama kalangan pelajar SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Lewat serakan investasi pendidikan, pegiat Forkombi siap terjun langsung menyentuh siswa-siswi SMA sederajat di Kabupaten Batang. Untuk memudahkan, sekolah-sekolah akan dibagi dalam lima zonasi, yakni Zona 1 (Kecamatan Batang, Warungasem, Kandeman); Zona 2 (Bandar, Balado, Wonotunggal; Zona 3 (Subah, Pecalungan, Tulis); Zona 4 (Reban, Bawang, Tersono); dan Zona 5 (Limpung, Banyuputih, Gringsing).

"Dari kelima zona ini, ditargetkan dengan gerakan ini dapat menyentuh 50-an sekolah SMA sederajat di Kabupaten Batang," Kepala Pendikbud Forkombi, Muntaha.

Nantinya, Forkombi bersama Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) yang dinaunginya siap memberikan materi sosialisasi, motivasi dan informasi pentingnya lanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang diberikan ke siswa-siswi kelas IX.

"Tentunya Forkombi dan Ormada akan terus mengawal melalui ketua-ketua Ormada di tiap wilayahnya," jelas Muntaha yang juga mahasiswa semester tujuh di Universitas Wahid Hasyim, Semarang.

Ketua panitia kegiatan, Agung berharap gerakan ini bisa berjalan berkelanjutan tiap tahunnya. Karena program kerja sosialisasi masuk kampus sudah terlaksana ketiga kalinya pada masa kepengurusan Forkombi. Acara sendiri diikuti sekitar 150 mahasiswa. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: