Gandeng Disperpuska, PT BPI Berikan Bimbingan Teknis bagi Perpustakaan Mitra

Gandeng Disperpuska, PT BPI Berikan Bimbingan Teknis bagi Perpustakaan Mitra

BATANG - Dalam rangka persiapan menuju akreditasi perpustakaan nasional tahun 2022, PT Bhimasena Power Indonesia (PT BPI) bermitra dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Batang menyelenggarakan serangkaian kegiatan bagi perpustakaan mitra.

Kegiatan pra-akreditasi yang merupakan bagian program CSR bidang Pendidikan yang ditujukan bagi 20 Perpustakaan Sekolah dan 15 Perpustakaan Desa yang berada di area terdampak pembangunan PLTU Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Batang.

Proses pelaksanaan tahapan pertama kegiatan akreditasi Perpustakaan ini telah dimulai sejak bulan November 2021 dengan kegiatan Worskhop mengenai Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan Sekolah, Kepala Desa dan Kepala Perpustakaan Desa.

Selanjutnya pada tanggal 16, 27 dan 28 Desember 2021 sejumlah 15 dari 30 Perpustakaan Mitra BPI melanjutkan proses tahapan akreditasi berikutnya, yaitu kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan dan Pengelolaan Perpustakaan dengan materi tematik perpustakaan seperti, Ilmu pengantar perpustakaan, Pengadaan dan pengolahan bahan pustaka (system otomasi perpustakaan dan klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka yang mengacu kepada pedoman aturan/pedoman yang telah dibakukan) dan Teknis pengisian borang akreditasi perpustakaan.

"Kami bekerjasama dengan PT BPI untuk melaksanakan kegiatan tahapan kegiatan pra-akreditasi perpustakaan seperti workshop dan Bimtek akreditasi perpustakaan," Kepala Disperpuska Batang Rahmat Nurul Fadhilah, S.PdI. M.Si

Kepala Disperpuska Batang juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT BPI atas perhatiannya terhadap perkembangan literasi yang ada di kabupaten Batang. Hal ini disampaikan setelah memberikan sambutan pada acara penutupan Bimbingan Teknis Akreditasi Perpustakaan 2021 yang diselenggarakan di SMP Negeri 02 Tulis, Desa Kenconorejo, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang.

Sementara itu, Direktur Operasional PT BPI Yoshimitsu Fujii pada sambutannya berharap agar setelah adanya kegiatan ini, para peserta dapat melakukan inovasi dalam mengelola perpustakaannya dan bersemangat untuk mengikuti Akreditasi Perpustakaan ke Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional pada tahun 2022 melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang.

"Kami mengapresiasi Disperpuska Batang, Pemerintah Kabupaten Batang, seluruh Mitra Perpustakaan serta seluruh pihak yang telah mendukung dan bersinergi dengan PT BPI untuk mengimplementasikan program CSR bidang Pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Batang," jelas Direktur Operasional PT BPI Yoshimitsu Fujii

PT BPI mengembangkan dan memberdayakan komunitas Perpustakaan di desa-desa sekitar proyek PLTU Jawa Tengah di Kabupaten Batang sejaktahun 2016. Program CSR PT BPI ini merupakan wujud komitmen dalam mengajak masyarakat sekitar perusahaan terutama institusi pendidikan untuk bersama-sama meningkatkan literasi masyarakat di Kabupaten Batang. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: