Gelapnya Akses Jalan Menuju Desa Bedagung

Gelapnya Akses Jalan Menuju Desa Bedagung

*Tanpa Fasilitas PJU sepanjang Hutan Pinus

PANINGGARAN - Menyusuri jalan utama Desa Bedagung, Kecamatan Paninggaran melalui tengah hutan pinus sepanjang 7 Km menuju tengah kampung, suasana gelap akan terasa ketika malam tiba. Kondisi ini lantaran jalan desa tersebut belum ada fasilitas lampu Penerangan Jalan Umum (PJU).

Kalau ada remang cahaya, adalah ketika sesekali kita melihat lampu di rumah warga yang menyinari jalan kampung. Kondisi jalanan yang gelap itu sebetulnya telah berlangsung lama. Sayangnya, pengajuan Pemerintah desa (Pemdes) Bedagung ke dinas terkait hingga saat ini belum ada jawaban, sehingga jalanan menuju ke desa itu gelap menjadi pemandangan yang terbiasa dari tahun ke tahun.

"Wah ternyata ada desa yang harus melalui tengah hutan, belum ada penerangan jalan lagi. Kasihan ya warganya, harusnya pemerintah daerah lebih memperhatikan kondisi desa yang belum maju,"ungkap Amat Sodikin, warga sekitar saat melintas di jalur tersebut.

Dijelaskan Kasi Kesra Desa Bedagung, Kecamatan Paninggaran, Tardi bahwa pemdes telah mengajukan bantuan PJU ke dinas terkait namun belum ada tanggapan. Dia mengharapkan dinas terkait dapat memprioritaskan bantuan PJU di wilayah desanya yang akan membantu penerangan jalan.

Selain ke dinas, Tardi juga mengharapkan aspirasi wakil rakyat dapat memberikan plot pengaspalan di desanya, mengingat kondisi jalan yang panjang dan terbagi di beberapa dusun berdampak pada anggaran Dana Desa (DD) yang belum dapat mengcover pengerjaan secara serentak.

"Dusun Laran sampai Bulu sekitar 9 Km, sementara dari Dusun Laran ke Bedagung 3 Km, yang sini diperbaiki yang lainnya rusak dan sebalinya, intinya kita butuh suport tambahan pengaspalan dari aspirai desan dan pihak terkait," ungkap Tardi. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: