Gunakan HP untuk PTS

Gunakan HP untuk PTS

*SMKN 1 Pekalongan

TEKNOLOGI - Siswa SMK Negeri 1 Pekalongan menggunakan perangkat smartphone (Android Based Test) untuk melaksanakan ujian penilaian tengah semester.

KOTA - Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal untuk tahun ini terasa berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Setidaknya itu yang dirasakan oleh 1.030 siswa SMK Negeri 1 Pekalongan.

Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ini, PTS dilakukan dengan menggunakan perangkat smartphone (Android Based Test). Ada 14 ruang teori yang telah dipasang WIFI untuk pelaksanaan PTS ini.

Seminggu sebelum pelaksanaan, seluruh siswa diminta untuk mengintal aplikasi exambro untuk proses scanning barcode. Pengawas ruang tidak lagi membagikan lembar soal kepada peserta PTS, tetapi hanya membagikan kartu barcode, dan peserta tinggal melakukan scanning sampai soal yang diujikan muncul.

Kepala SMKN 1 Pekalongan, Dra Sukowati MSi, mengatakan ada banyak kelebihan dari pelaksanan Android Based Test ini, diantaranya sekolah hemat dalam biaya untuk penggandaan soal, yang kadang setelah pelaksanaan tes selesai membuat jadi banyak sampah.

"Kemudian dari sisi waktu, guru tidak lagi disibukkan dengan koreksi jawaban, karena sistem secara otomatis akan memunculkan skor atau nilai," ucapnya.
Sukowati menyatakan, ini merupakan sebuah terobosan baru bagi SMKN 1 Pekalongan dalam rangka memasuki era industri 4.0. "Digitalisasi pembelajaran adalah sebuah keniscayaan yang tidak terelakkan untuk tahun ini, makanya mulai dari proses pembelajaran sampai dengan penilaian, kami sudah menggunakan IT," tandas Sukowati.

Pelaksaaan PTS ini berlangsung selama 5 hari sejak Senin, 16 September 2019 sampai dengan Jumat, 20 September 2019 yang terbagi dalam 3 session. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: