Guru Harus Siap Menyongsong Era Industri 4.0

Guru Harus Siap Menyongsong Era Industri 4.0

SMK Muhammadiyah Kesesi menggelar kegiatan pelatihan guru dan karyawan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan tema "Pembelajaran Tanpa Batas yang mengacu pada perkembangan IPTEK Microsoft Teams-office 365", di Laboratorium Komputer SMK Muhammadiyah Kesesi (Musi).

PELATIHAN - Pelatihan IPTEK guru dan karyawan SMK Muhammadiyah Kesesi, Sabtu (23/02). EKA ISDITYA

Dalam kegiatan tersebut, segenap guru dan karyawan SMK Musi, diajak untuk turut serta langsung mempraktikkan pelatihan didepan komputer.

Demikian disampaikan Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMK Muhammadiyah Kesesi, Ika Kurniawati SPd. "Kegiatan ini memang bertujuan untuk menunjang pembelajaran dan administrasi yang terintegrasi secara menyeluruh," ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mempermudah dan maksimalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi sekolah.

Selain itu, materi terkait era industri 4.0 juga disampaikan dalam pelatihan yang diisi oleh Suryo Adhi Wibowo SPd ini. Pelatihan pembelajaran tanpa batas dengan Microsoft Teams 365 disampaikan untuk menunjang pemanfaatan kelas digital dalam proses pembelajaran dan penilaian dengan pola 32 jam (16 jam tatap muka dan 16 jam online). Kegiatan tersebut didukung oleh Microsoft Indonesia bekerjasama dengan Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (BPTIKDIKBUD).

"Tujuan diadakan kegiatan ini juga agar guru tidak buta teknologi dan mengenal apa itu kelas digital," imbuhnya. Tak hanya menerapkan kelas digital, program pembelajaran tanpa batas ini juga diharapkan mampu mengurangi pemakaian kertas dalam adminitrasi belajar.

"Harapannya nanti pembelajaran semakin mudah di akses walaupun dalam jarak yang jauh," ujar dia.

Melalui kegiatan tersebut, SMK Muhammadiyah Kesesi sebagai salah satu penyelenggara pendidikan berbasis vokasi, senantiasa berupaya mencari terobosan-terobosan terbaru untuk memaksimalkan kinerja dan mempermudah dalam proses kegiatan belajar mengajar. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: