Hambat Covid-19, Bilik Disinfektan Disediakan

Hambat Covid-19, Bilik Disinfektan Disediakan

BILIK PENYEMPROTAN - Penyediaan bilik penyemprotan desinfektan di Desa Wonopringgo.

WONOPRINGGO - Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya dilakukan di Desa Wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan, yang kini menyediakan screening room atau ruang penyemprotan disinfektan sederhana di desanya.

Inovasi sederhana itu dibuat dari plastik lengkap dengan alat penyemprot cairan desinfektan di dalamnya. Menurut Kades Wonopringgo, Haryanto, langkah sederhana itu penting dalam upaya menghambat persebaran Covid-19 di wilayahnya.

"Sudah ada sosialisasi sesuai dengan surat edaran bupati mengenai Covid-19. Kita juga sudah membuat Satgas terkait Corona, serta yang terbaru kita juga telah membuat bilik desinfektan di depan. Fungsinya warga desa ataupun dari luar kota wajib melakukan penyemprotan terlebih dahulu sebelum masuk ke rumah. Ini upaya kita cegah penyebaran Corona," ungkapnya, Kamis (26/3/2020).

Dikatakan Haryanto, bilik tersebut baru dilaunching dan mungkin di tempat lain belum ada, sehingga tidak hanya masyarakat Desa Wonopringgo saja, bahkan dari desa lain pun bisa menggunakan bilik penyemprotan tersebut. Langkah pemerintah desa juga sejauh ini ditopang oleh partisipasi dan sinergi lembaga kemasyarakatan.

"Tidak hanya aparat desa saja, partisipasi karang taruna dan Ansor juga. Mereka sinergi sukarela untuk jaga malam. Agar warga yang baru pulang dari luar kota kapanpun bisa melakukan penyemprotan desinfektan terlebih dahulu sebelum ke rumah, " lanjutnya.

Pihak desa berharap, munculnya wabah corona membuat masyarakat lebih bijak, tidak panik tapi tetap waspada. Warga juga diminta mematuhi protokol yang diberlakukan pemerintah, serta membantu menangkal hoaks soal corona.

"Melalui tokoh masyarakat, kami juga menghimbau jangan mudah menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya. Jadi jagan bikin masyarakat panik. Kita lebih fokus pada cara sosialisasi bagaimana pencegahan Covid -19, salah satu caranya dengan bilik desinfektan tersebut," pungkasnya. (ap3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: