Harga Ayam Terus Merangkak Naik

Harga Ayam Terus Merangkak Naik

BATANG - Semenjak lebaran lalu, harga ayam perlahan terus merangkak naik. Meski sempat turun awal lebaran lalu, kini harga ayam boiler di pasaran tembus Rp 45 ribu per kilo gram.

Hal tersebut seperti dituturkan oleh pedagang ayam Pasar Batang, Tadiroh. Menurutnya, sudah beberapa pekan sejak lebaran harga ayam merangkak naik. Bahkan kini hingga Rp 40-45 ribu per kilonya.

"Kalau di pasaran harganya biasanya sekilo bisa Rp 40 ribu. Namun bisa sampai Rp 45 ribu. Apalagi kalau dijual perempatan mungkin bisa Rp 12 ribu seperempat kilo," jelasnya.

Hal senada juga dituturkan pedagang lainnya, Erni. Ia mengaku tidak tahu menahu terkait alasan kenaikan ayam boiler. Ia sendiri mendapat pasokan dari daerah Sambong. "Saya tidak tahu ya kenapa. Yang jelas harganya memang naik dari sananya. Saya biasanya dapat jatah kiriman dari Sambong," imbuhnya.

Kenaikan harga ayam ini pun dikeluhkan oleh sebagian masyarakat. Salah satunya, Yanna yang juga memiliki usaha rumah makan. Ia mengaku harus memutar otak agar tidak mengurangi kualitas dari barang dagangannya.

"Sebenarnya cukup bingung juga karena harga ayam naik. Jadi terpaksa juga harus menyeimbangkan harga. Kalau rasanya beda, nanti pembeli juga kabur. Yang jelas kalau pas naik ya kita juga harus kasih informasi ke pembeli kalau harga ayam sedang mahal. Sehingga tidak miskom," tuturnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: