Harga Cabai Melonjak Sudah Dua Pekan

Harga Cabai Melonjak Sudah Dua Pekan

KOTA - Harga cabai di Kota Pekalongan melambung tinggi sejak dua pekan terakhir. Di tingkat pedagang, harga cabai merah biasa berkisar antara Rp45 ribu hingga Rp55 ribu per kilogram, dari sebelumnya di kisaran Rp30 ribu hingga Rp40 ribu. Kenaikan juga terjadi untuk cabai merah keriting, cabai rawit merah (cabai setan), dan cabai rawit biasa.

SAYURAN - Salah satu pedagang sayuran di Sapuro, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan sedang menunggu pembeli, kemarin. WAHYU HIDAYAT

Atik, salah satu pedagang sayuran di Jalan Sumatera, Sapuro, Kota Pekalongan menuturkan, dirinya saat ini menjual cabai merah biasa di harga Rp55 ribu per kilogram. Tak jauh beda dengan cabai merah keriting, dijual di harga Rp45 ribu perkilogram. "Sedangkan cabai rawit merah atau cabai setan juga lumayan mahal, sampai Rp55 ribu per kilo. Kalau cabai rawit biasa sih masih di kisaran Rp40 ribu sampai Rp45 ribu," katanya, Selasa (9/7).

Dia mengungkapkan bahwa naiknya harga cabai ini sudah terjadi sejak sekitar dua minggu lalu. Bahkan sebelumnya, katanya, harga cabai merah besar sempat menyentuh angka Rp65 ribu per kilogram. "Saya biasanya kulakan dari daerah Wonosobo dan sekitarnya, kadang juga dari Sukorejo. Nggak tahu kalau di tempat lain berapa, tapi kayaknya memang rata-rata hampir sama," ungkapnya.

Dengan mahalnya harga cabai ini, imbuh dia, pelanggannya lebih memilih membeli dengan jumlah lebih sedikit. Misalnya sebelum terjadi kenaikan membeli satu kilo, sekarang lebih memilih membeli setengahnya, bahkan hanya beberapa ons. "Ada juga yang beli paling satu ons, bahkan banyak yang beli cuma lima ribu sampai 10 ribu rupiah, menyesuaikan kebutuhan dia. Itu tetap kita layani," ujarnya.

Dia tidak tahu apa yang menjadi penyebab kenaikan harga cabai ini. Setahu dia, menurut petani, akhir-akhir ini memang permintaan cabai dari daerah Jakarta cukup tinggi. "Kalau permintaan dari Jakarta banyak, biasanya harganya jadi naik, sebab stok di sini jadi berkurang. Ditambah lagi, mungkin karena saat ini lagi musim kemarau. Yang pasti, kita kulakan dari sananya memang sudah mahal," imbuhnya.

Salah satu pemilik warung makan, Muaminah, turut mengeluhkan mahalnya harga cabai ini. "Kemarin saya beli cabai merah harganya sampai 60 ribu per kilo, cabai setan sampai 50 ribu. Ini sih sudah lumayan turun. Sebelumnya untuk cabai merah malah pernah sampai 70 ribu sekilonya. Harga cabai memang sudah naik sejak sekitar tiga minggu lalu," ujarnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: