Hebat, 268 Lulusan SMKN Ini Diterima Kerja Industri

Hebat, 268 Lulusan SMKN Ini Diterima Kerja Industri

KENDAL - Sebanyak 268 lulusan SMKN 2 Kendal tercatat diterima kerja di berbagai industri. Tak hanya itu, 97 lulusan lainnya bahkan sudah bekerja. Tahun ini, sekolahan dengan tujuh jurusan keahlian itu telah meluluskan sebanyak 462 siswanya. Prosesi wisuda dilakukan di halaman sekolahan, Kamis (16/5), yang dihadiri pejabat Disdikbud Cabang 13 Provinsi Jawa Tengah.

PROSESI WISUDA - Lulus 100 persen, Sebanyak 268 lulusan SMKN 2 Kendal diterima kerja di berbagai industri. Sedangkan 97 lulusan lainnya sudah bekerja. NUR KHOLID MS

Kepala SMKN 2 Kendal, Maryono, didampingi Waka Humas Setyo Raharjo mengatakan, prosesi pelepasan dan wisuda dihadiri orangtua siswa dan komite. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kelulusan tahun ini mencapai 100 persen. Ia bersyukur setiap tahunya 75 persen lulusan SMK N 2 Kendal diterima kerja di berbagai perusahaan industri. Sementara 25 persen masih menunggu panggilan kerja.

"Sekolah sudah jalin kerjasama dengan berbagai perusahaan. Sebelum lulus, siswa sudah mengikuti proses perekrutan kerja di berbagai industri tersebut. Alhamdulillah, banyak yang diterima kerja," terangnya.

Dikatakan, sebagai lulusan sekolah yang sudah mengantongi bekal keahlian, maka sudah menjadi keharusan di era industri ini untuk tidak hanya mengandalkan bekerja dari perusahaan industri. "Akan tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan berwirausaha," ungkapnya.

Menurut Maryono, hal itu sesuai penekanan dari kementerian soal kewirausahaan, sehingga siswa diarahkan untuk berwirausaha. Termasuk intruksi terbaru bahwa sekolah merupakan bagian dari kewirausahaan. "Semua kegiatan siswa yang bisa berwirausaha dicatat dan diarahkan pengelolaan keuanganya," ujarnya.

Berdasarkan catatan sekolah, lanjut dia, dibandingkan dengan yang sudah terserap kerja di berbagai perusahaan, jumlah lulusannya yang sudah sukses berwirausaha mnasih relatif sedikit. "Masih sedikit, 1 persennya yang berwirausaha. Kalau dibandingkan dengan yang sudah bekerja di berbagai perusahaan sangat jauh. Namun, kami berharap ke depan lulusan SMKN 2 Kendal banyak yang berwirausaha," pungkasnya.(lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: