Ingat, Pengawasan Tidak Hanya Dilakukan Oleh Pemerintah, Tapi Juga Masyarakat

Ingat, Pengawasan Tidak Hanya Dilakukan Oleh Pemerintah, Tapi Juga Masyarakat

Wabup Suyono saat memberikan pengarahan sebelum penutupan Diklat bagi kades terpilih. (Dok istimewa)

Semarang - Kepala Desa (Kades) sebagai garda terdepan pemerintahan di tingkat desa yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Karena itulah, aparatur desa diharapkan dapat memahami tupoksi pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.

"Di zaman keterbukaan ini, pengawasan semakin ketat dan tidak saja oleh lembaga pemerintahan, tapi juga masyarakat. Sehingga semua persoalan pada tingkat kebijakan dan administrasi harus benar-benar menjadi perhatian," ujar Wakil Bupati Batang, Suyono saat menutup Diklat Pemerintahan Desa yang berlangsung selama empat hari di Hotel Griya Pesona Bandungan Semarang, Kamis ( 12/12/2019).

Wabup Suyono menjelaskan, dalam upaya mewujudkan dan membentuk kualitas sumber daya manusia yang profesionalisme bagi aparatur pemerintahan desa, perlu dilakukan pembinaan melalui pelatihan yang mengarah pada pengetahuan, kepribadian, trampil dan bertanggungjawab yang sesuai dengan regulasi.

"Saya apresiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat yang telah menggelar diklat sebagai penguatan penjiwaan tentang kepemimpinan yang bersih bermartabat dan berintegritas. Dan saya berharap setelah mengikuti bintek ini sebagai pemimpin desa harus membangun komitmen bersama untuk melakukan yang terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan ditingkat Desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif demi kesejahtetaan Madras," jelas Suyono.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Batang, Agung Wisnu Barata mengatakan, kegiatan diklat pemerintahan desa bisa menjadi kurikulum sebagai program unggulan.

"Diklat Pemerintah desa bagi kepala desa belum dilakukan oleh Kabupaten lain yang belum melembagakan kegiatan tersebut, sehingga kedepan harus di SK-kan bupati yang mewajibkan kades terpilih ikut diklat secara berkala," jelasnya.

Sementara Kepala Desa Kluwih Kecamatan Bandar Dasro merasa senang mengikuti kegaiatan diklat. Pasalnya, banyak ilmu yang dapat kami peroleh dari aturan pemerintah sampai dengan wawasan kedisipilanan.

"Banyak ilmu yang kami dapatkan untuk bekal dalam mempin desa, walaupun saya sudah dua kali menjabat tapi penting kami dapatkan untuk diimplentasikan untuj kesejahteraan warga kami," tandas Dasro. (don/hmb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: