STIKES Muhammadiyah Pekajangan Siap Terima Mahasiswa Baru

STIKES Muhammadiyah Pekajangan Siap Terima Mahasiswa Baru

KEDUNGWUNI - STIKES Muhammadiyah Pekajangan sudah membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 gelombang 1 hingga 31 Mei 2019 mendatang.

STIKES membuka program studi Diploma Tiga (D3) Keperawatan dan Kebidanan. Sedangkan untuk Strata Satu (S1) terdapat program Keperawatan, Program Pendidikan Profesi (NERS), Farmasi, dan Fisioterapi.

PENDAFTARAN - Calon mahasiswa sedang mengurus administrasi pendaftaran. WIZNA HIDAYATI UMAM

Wakil Ketua Kemahasiswaan, Dafid A, menjelaskan jalur penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2019 dapat melalui jalur tanpa tes akademik dan jalur tes akademik. Jalur prestasi dengan syarat yang bersangkutan merupakan siswa semester V, melampirkan nilai rapot minimal 75 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia, dan bagi siswa yang menempati rangking 1, 2, 3 paralel di sekolahnya.

Selain itu terdapat jalur minat bakat, ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi non akademik minimal tingkat kabupaten/kota dan bagi penghafal Alquran minimal 3 juz.

Selain diterima dengan jalur tanpa tes, mereka yang mengikuti kedua jalur tersebut akan mendapatkan potongan biaya pengembangan institusi sebesar 10 persen dari biaya yang sudah ditentukan.

Dengan adanya kedua jalur itu, membuka kesempatan untuk siswa melanjutkan bakatnya di sekolah sebelumnya dengan mengikuti beberapa kompetisi tingkat perguruan tinggi dan secara otomatis akan mengangkat nama Institusi itu sendiri.

"Untuk jalur tes akademik pada gelombang 1, 2, 3 bisa melalui jalur umum dan jalur alih jenjang, dengan lulus seleksi administrasi, tes akademik, dan tes kesehatan," kata Dafid A kepada Radar, Senin (25/2).

Mempunyai visi menjadi Institusi Pendidikan Kesehatan yang unggul di tingkat Nasional berdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2025. Namun tanpa memandang perbedaan, STIKES juga menerima mahasiswa non muslim. Mahasiswa non muslim akan mendapatkan pengarahan dari pihak kampus sesuai dengan kepercayaan yang dianut. Demi menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan standar keilmuan nasional dan internasional terkini terintegrasi dengan nilai-nilai islami, STIKES mempunyai staf dosen pengajar dengan pendidikan minimal S2 dibidang profesi masing-masing dan S3 baik dalam maupun luar negeri.

Target penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 STIKES adalah minimal 375 calon mahasiswa dari semua program studi. Program studi yang paling diminati dalam beberapa tahun kebelakang adalah keperawatan, baik tingkatan D3 ataupun S1. Setelah itu program studi Farmasi menyusul diikuti dengan program studi yang lain. Untuk informasi dan tempat pendaftaran, calon mahasiswa bisa langsung ke kampus setempat atau bisa melihat melalui website resmi STIKES Muhammadiyah Pekajangan.

STIKES Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan telah meluluskan tenaga kesehatan baik tingkatan D3 maupun S1 yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Lulusan sebagian besar telah bekerja di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, BPJS dan tenaga kesehatan diberbagai perusahaan lainnya. Bahkan, beberapa alumni menjadi dosen di perguruan tinggi kesehatan di dalam negeri maupun luar negeri seperti Jepang, India, Kuwait, dan Arab Saudi.

Sekolah Tinggi yang sudah terakreditasi B itu juga diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan penelitian serta menggunakan hasil penelitian dalam pembelajaran. Selain itu, dapat berperan aktif dalam pengabdian masyarakat berorientasi bidang kesehatan berdasarkan hasil penelitian, perkembangan IPTEK, dan kearifan lokal. (ap1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: