Stok Darah PMI Menipis

Stok Darah PMI Menipis

*Hanya Mencukupi 4 Hari

KOTA - Stok darah di PMI Kota Pekalongan saat ini terus menipis. Stok darah yang ada, diperkirakan hanya mencukupi untuk empat sampai lima hari ke depan. Kondisi itu tak lepas dari kebijakan pemerintah meliburkan pelajar dan mahasiswa serta kebijakan pimpinan unit kerja yang juga berdampak pada kegiatan Donor Darah.

"Kegiatan yang sudah direncanakan oleh PMI tidak bisa berjalan mulus karena para pendonor tidak datang, mereka tidak mau berkumpul atau menciptakan konsentrasi massa. Contohnya, manakala donor darah sudah terjadwal di salah satu Perguruan Tinggi di Pekalongan biasanya minimal 40 - 50 mahasiswa hadir donor. Beberapa hari kemarin tidak sampai 10 orang yang hadir," ungkap Ketua PMI, Drs Dwi Arie Putranto MM, kepada Radar.

Kalau dahulu, sambungnya, supply- demand kurang lebih 1000 kantong per bulan. "Hari ini dengan asumsi tidak ada donor darah, persediaan hanya cukup untuk empat sampai lima hari. Oleh karena hari ini, Senin (23/3/2020) akan dilaksanakan kegiatan donor darah di ruang Amarta," tuturnya.

Mantan Sekda itu meminta kepada jajaran Pemkot, atau dinas vertikal serta tokoh masyarakat untuk mendukung kegiatan donor darah sehingga tetap berjalan dengan tetap mengikuti kebijakan pemerintah. "Untuk alasan kemanusiaan kami mohon kepada masyarakat untuk mengikuti kegiatan donor darah ini agar sukses dan lancar," ajaknya.(dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: