Stok Menipis, PMI Ajak Masyarakat Donor ke UDD

Stok Menipis, PMI Ajak Masyarakat Donor ke UDD

DONOR - Salah satu masyarakat Batang saat melakukan donor darah di UDD PMI Batang.

BATANG - PMI Kabupaten Batang mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah (UDD) PMI. Pihaknya bahkan telah melakukan berbagai upaya untuk mengapresiasi masyarakat yang berhasil donor, seperti dengan memberikan sembako dan juga doorprise.

Hal ini dilakukan lantaran stok darah yang kian menipis selama pandemi Covid-19. Terlebih, saat ini PMI Batang sementara menonaktifkan layanan donor darah keliling untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dari data yang ada, stok darah pun menurun sekitar 30-50 persen, khususnya saat Ramadan kemarin.

"Untuk akhir-akhir ini, untuk dapat 20 kantong darah saja cukup kesulitan. Padahal jika seperti hari biasa, seharinya kami bisa menghimpun 70 kantong darah jika ada kegiatan donor darah keliling. Jika tidak ada donor keliling pun untuk donor di UDD di hari biasa bisa mencapai 40-50 kantong," ujar Kepala UDD PMI Batang, dr Edi.

Menurutnya, selama pandemi Covid 19 ini minat warga untuk mendonorkan darahnya langsung datang ke PMI itu berkurang, sehingga persediaan stok darah yang ada di UDD menipis. "Maka kita coba menarik minat masyarakat dengan berbagai upaya, seperti bagi hadiah, voucher dan souvenir menarik lainnya.

Pihaknya berharap dengan upaya yang dilakukan ini bisa memenuhi permintaan stok darah. Terlebih saat ini kebutuhan permintaan darah juga semakin meningkat. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: