Warga Luar Dicek Suhu Tubuh

Warga Luar Dicek Suhu Tubuh

PENGECEKAN - Pemkab kendal melakukan screening di perbatasan dengan lakukan pengecekan suhu tubuh pengendara yang melintas masuk ke Kendal.

KENDAL - Antisipasi penyebaran virus corona, Pemerintah Kabupaten Kendal memberlakukan pengecekan suhu tubuh bagi warga dari luar Kendal yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Kendal. Bagi mereka yang suhu tubuhnya melebihi 37 derajat diminta balik arah dan pulang.

Pengecekan suhu tubuh itu dilakukan di empat titik wilayah perbatasan Kendal dengan daerah lain. Yakni Limbangan dari arah Kabupaten Semarang, Campurejo dari arah Kota Semarang, Patean dari arah Temanggung dan Plantungan dari arah Batang.

Wakil Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid 19, Winarno, mengatakan tujuan dari Screening untuk bisa memangkas penyebaran virus corona dari wilayah lain. Jika kedapatan tinggi suhu tubuhnya maka petugas kesehatan memberikan pengarahan dan memintanya untuk berputar arah kembali ke rumahnya.

"Kami juga mendatanya dan akan di dampingi jika mereka warga kendal dan akan berkoordinasi kepada dinas kesehatan dimana warga tersebut tinggal jika yang bersangkutan bukan warga Kabupaten Kendal," katanya.

Alif warga Kecamatan Mijen saat diperiksa suhu badannya 37,2 derajat, usai dicek suhu tubuh kemudian dibawa ke petugas kesehatan yang bertugas di tempat tersebut. Oleh petugas Alif diminta untuk pulang dan istirahat tidak boleh melajutkan perjalanan. Usai diperiksa alif meskipun enggan tapi akhirnya menuruti saran dari petugas kesehatan untuk pulang.

"Saya disarankan untuk pulang ke rumah karena suhu badan saya tinggi, selain itu diminta untuk beberapa hari istirahat di rumah agar tidak terkena atau tertular virus corona," katanya.

Petugas kesehatan Puji Astuti mengatakan, masih banyak suhu badan yang di bawah 37 derajat sehingga masih relatif aman. Namun demikian ada beberapa yang 37,5 hingga 38 pihaknya langsung diberi pejelasan dan disuruh pulang.

"Suhu badan rata-rata 36 derajat sampai 36,5 derajat, namun juga ada yang mencapai 37 derajat hingga 38 derajat dan kami menyarankan untuk pulang ke rumah agar semua bisa aman dari penyebaran virus corona," jelasnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: