Warga Muhammadiyah Siap Laksanakan Maklumat PP

Warga Muhammadiyah Siap Laksanakan Maklumat PP

*Shalat Tarawih Hingga Pengajian Dilaksanakan di Rumah

Drs H Nasikhin MH, Ketua PDM Batang

BATANG - Warga Muhammadiyah Kabupaten Batang memastikan siap menjalankan aktivitas ibadah Bulan Ramadan tahun ini dengan berpegang pada protokol pencegahan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Sikap tersebut juga sebagai tindak lanjut atas maklumat yang dikeluarkan Pimpinan Pusat (PP) tentang panduan ibadah di tengah pandemi virus corona.

"PDM siap untuk melaksanakan maklumat PP Muhammadiyah tentang pedoman ibadah di masa pandemi corona ini. Demi menghindari mudharat yang lebih besar, maka aktivitas ibadah yang mengundang kerumunan seperti shalat tarawih dan pengajian kita tiadakan di masjid-masjid dan digantikan di rumah masing-masing," ungkap Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Batang, Drs H Nasikhin MH, saat dikonfirmasi via ponsel, Rabu (22/4/2020) petang.

Nasikhin menyebut suasana ramadan tahun ini akan benar-benar berbeda bagi umat Islam di sebagian besar penjuru dunia sebagai akibat mewabahnya Covid-19. Suasana puasa yang sebelumnya penuh semarak dan syiar, tahun ini kemungkinan besar akan lengang.

"Tentu ini sangat berat bagi umat Islam, termasuk warga Muhammadiyah. Seperti halnya mengganti shalat Jumat dengan shalat dzuhur di rumah, ini dilema batinnya luar biasa. Tetapi inilah ikhtiar kita untuk mencegah penyebaran virus corona, karena menghindari mudharat harus didahulukan, pun kita dilarang untuk menyebarkan bahaya ke orang lain," jelasnya.

Untuk mengamankan maklumat PP Muhammadiyah, lanjut Nasikhin, PDM juga telah menginstruksikan jajaran pengurus dari tingkat cabang sampai ranting. Dia optimis, warga persyarikatan bisa menjalankan maklumat tersebut.

"Yang jelas, maklumat yang dikeluarkan PP Muhammadiyah ini tidak hanya dirumuskan para ulama-cendikia yang memang kompeten di keilmuan agama, tetapi juga menghadirkan para ahli wabah, ahli epidemiologi untuk dimintai pertimbangannya. Jadi, selain berbasis dalil agama dan sains, maklumat ini juga insya Allah berpijak pada keseimbangan memahami ikhtiar dan takdir," beber Nasikhin.

Sebagai gantinya, aktivitas ibadah shalat tarawih hingga pengajian warga Muhammadiyah akan dilaksanakan di rumah masing-masing. Majlis Tarjih bersama Majlis Tabligh serta Majlis Pustaka dan Informasi (MPI) PDM juga telah menyiapkan alternatif pengajian hingga tadarusan secara online. Dalam beberapa hari ini, pengajian tarjih bahkan sudah dilaksanakan secara online memanfaatkan aplikasi TeamLink dan Zoom.

"Aktivitas pengajian maupun tadarus juga rencananya siarkan langsung melalui fanpage facebook hingga chanel youtube Muhammadiyah Batang. Intinya, momentum ramadan nanti bisa kita optimalkan untuk mempercepat pengendalian Covid-19. Aktivitas ibadah tetap dapat, ikhtiar mencegah penularan corona juga kita laksanakan. Kalau kita tidak berkorban, lantas sampai kapan pandemi ini akan berakhir," ujarnya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: