Wisata Ziarah Makam Sapuro Belum Terpengaruh Corona

Wisata Ziarah Makam Sapuro Belum Terpengaruh Corona

MASIH RAMAI - Kompleks Makam Habib Ahmad, Sapuro, Kota Pekalongan masih tetap ramai oleh para peziarah dari berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa, Senin (16/3/2020) sore. WAHYU HIDAYAT

KOTA - Adanya wabah virus Corona ternyata belum berpengaruh signifikan terhadap jumlah peziarah di kompleks Makam Habib Ahmad bin Tholib Alattas, Sapuro, Kelurahan Sapuro Kebulen, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Pantauan di lokasi sejak Minggu (15/3/2020) hingga Senin (16/3/2020) sore, para peziarah dari berbagai daerah di pulau Jawa maupun luar Jawa masih berbondong-bondong datang ke Makam Habib Ahmad Sapuro.

Salah satu petugas di Sekretariat Makam Habib Ahmad, Imam, mengatakan pada Senin (16/3/2020) dari pukul 12.00 hingga 15.00 saja ada 15 bus rombongan peziarah yang masuk ke kompleks Makam Sapuro.

"Saya kebetulan bertugas dari siang tengah hari ini sampai nanti malam. Dari siang tadi sampai sore ini, tercatat sudah ada 15 bus peziarah yang masuk. Mereka datang dari berbagai daerah, seperti Jepara, Cirebon, bahkan ada yang dari Lampung," katanya.

Diperkirakan, jika dihitung sejak Senin dini hari sampai sore hari, sudah ada lebih dari 30 bus rombongan peziarah yang datang.

Dia mengungkapkan, kondisi lebih ramai bahkan terjadi pada hari Sabtu (14/3/2020) hingga Minggu (15/3/2020) kemarin. Dalam sehari semalam, bus rombongan peziarah yang datang mencapai sekitar 100 unit, baik bus besar maupun bus kecil. "Alhamdulillah masih ramai. Sepertinya memang belum terpengaruh adanya kabar tentang virus corona," ungkapnya.

Dia menambahkan, pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Rajab hingga Sya'ban, jumlah peziarah yang datang ke Makam Habib Ahmad, Sapuro memang mengalami lonjakan dibanding bulan-bulan lainnya. "Apalagi ketika mendekati pelaksanaan khaul Habib Ahmad, biasanya yang datang membludak," imbuhnya.

Sementara itu, salah satu panitia rombongan ziarah dari Lampung, Ahmadi, menuturkan pihaknya membawa satu bus rombongan ziarah dari Lampung untuk berziarah ke makam-makam ulama dan waliyullah di Pulau Jawa hingga Madura. "Kegiatan ziarah ini sudah diagendakan sejak jauh-jauh hari. Terkait adanya wabah corona, insyaallah kami tidak takut. Lillahi Ta'ala saja. Kita serahkan semuanya kepada Allah SWT," ungkapnya.

Pihaknya bersyukur, pengelola kompleks Makam Habib Ahmad Sapuro belum menutup akses masuk untuk para peziarah. Lain halnya dengan yang dilakukan pengelola di makam waliyullah di Demak maupun kompleks makam pendiri NU dan makam Gus Dur di Jombang. "Sebelum ke sini kami sempat ke Jombang dan Demak, ternyata tempat ziarah di sana untuk sementara masih ditutup," katanya.

Masih ramainya peziarah yang berkunjung ke Kompleks Makam Habib Ahmad Sapuro dan belum terpengaruh adanya wabah corona, disyukuri oleh salah satu pedagang batik di lokasi tersebut. "Semoga tetap ramai peziarah. Harapannya sih jangan sampai ada penutupan sementara akibat ada corona," katanya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: