Tak Cukup WBK, Polres Kendal Targetkan Predikat WBBM

Tak Cukup WBK, Polres Kendal Targetkan Predikat WBBM

Zona Integritas Dicanangkan

Kepolisian Resor (Polres) Kendal sukses mendapatkan anugerah sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemen PAN RB di tahun 2018. Tak mau berpuas dengan penghargaan itu, tahun ini Polres mentargetkan capaian yang lebih tinggi, yakni predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sebagai bentuk keseriusan, Polres baru saja memprakarsai penandatanganan deklarasi pembangunan zona integritas di Polres Kendal. Ikut menandatanganinya adalah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

PENCANANGAN - Kepolisian Resor (Polres) Kendal lakukan pencanangan Zona Integritas mempertahankan WBK guna memperoleh WBBM, di Aula Mapolres, kemarin. NUR KHOLID MS

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mappaita mengatakan, institusi yang dipimpinnya menjadi satu dari lima Polres di Polda Jawa Tengah yang sudah menyabet WBK. Empat Polres lainnya, yakni Polres Banjarnegara, Polres Jepara, Polres Magelang Kota, dan Polres Banyumas. Penghargaan tersebut adalah program pemerintah yang tertuang dalam Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi. Tujuanya meningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi pemerintah yang bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Targetnya Polres Kendal juga bisa raih WBBM. Tak hanya persiapan administrasi saja, namun pelayanan publik yang dilakukan sudah sesuai dengan ketentuan dan kepuasan masyarakat juga atas palayanan dari Polri," katanya usai pencanangan Zona Integritas mempertahankan WBK guna memperoleh WBBM, di Aula Mapolres, Kamis (21/2).

Hamka menyebut raihan predikat WBK bukan satu hal yang mudah karena terkait dengan bagaimana kesiapan secara administrasi operasional dan yang paling penting adalah yang dilaksanakan oleh kepolisian. Pada prinsipnya berada di dua kategori pelayanan penerbitan SIM dan pelayanan SKCK. "Penilaian oleh tim dari Kemenpan adalah kepercayaan publik terhadap pelayanan tersebut, sehingga predikat ini bisa singgah di Polres Kendal," ungkapnya.

Dijelaskan, terdapat aspek-aspek penilaian yang ditentukan oleh Kemerntrian PAN RB untuk memberikan predikat WBBM setelah sebelumnya mendapatkan predikat WBK terlebih darhulu. Pihaknya berharap, elemen pemerintah dapat membantu dan mendukung kepolisian untuk mempertahankan prestasi yang sudah berhasil diraihnya tersebut. Terlebih, capaian prestasi itu tidak mudah dan butuh proses dan tidak semua Polres bisa mendapatkanya predikat tersebut.

"Proses capaian ini melalui perjuangan yang cukup berat. Tentunya rekan-rekan sekalian yang ada di Polres Kendal ini sebelumnya telah mempersiapkan dan bekerja keras terkait pelayanan prima pada masyarakat," terang Hamka. (nur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: