Percepat Tanggapi Aduan Warga dengan Aplikasi Lapor Bupati

Percepat Tanggapi Aduan Warga dengan Aplikasi Lapor Bupati

Bupati Wihaji saat menyampaikan paparan dihadapan Komisi Informasi Provinsi. (Dok Istimewa)

BATANG - Pejabat Pengelolaan Informasi Daerah Pemkab Batang diuji oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah, bersama 20 Kabupaten dan Kota lainya. Uji publik tersebut berlangsung di Universitas Sultan Agung Semarang Rabu, ( 20/11/2019).

Bupati Wihaji dalam paparannya menjelaskan, pengelolaan informasi publik merupakan amanat UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Informasi tersebut menjadi kebutuhan masyarakat yang harus direspon cepat melalui informasi teknologi (IT) dengan aplikasinya maupun secara manual.

"Pemkab Batang memprioritaskan informasi publik yang dibutuhkan oleh masyarakat yang sifatnya informatif dengan memanfaatkan IT," kata Bupati Wihaji.

Dijelaskan, dalam pemanfaatan informasi teknologi, Kabupaten Batang menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang meraih predikat baik pada evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2018, oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Kita fokus pada pengadaan barang dan jasa yang sudah menggunkan Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). LPSE di Batang sangat transpran dan tidak ada kongkalikong, karena kami komitemen membangun pemerintahan yang baik dan bersih," jelas Wihaji.

Wihaji juga mengungkapkan bahwa pihaknya lebih menekankan untuk memprioritaskan pada aplikasi pengaduan masyarakat melalui Lapor Bupati. Pasalnya, hal itu merupakan bagain pelayanan dalam merespon cepat aduan untuk ditindak lanjuti oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengampu.

"Inilah guna keterbukaan publik dan informasi publik, apa yang menjadai kebutuhan kita masyarakat tahu dan ditindaklanjuti," lanjutnya.

Tim penilai dari Komisi Dalam Negeri Dr Handayani Ningrum mengatakan, informasi keterbukaan publik bisa dilihat dari komitmen pimpinan tertinggi di daerah. Dalam tata kelola informasi publik pihaknya sangat apresiasi Bupati Batang Wihaji, yang sudah kali kedua ini ikut langsung dalam uji publik.

"Penyampaian Bupati Wihaji sudah sama dengan perbuatan dengan komitmen dan konsisiten. Karena keterbukaan informasi adalah kejujuran yang merupakan inti dari keterbukaan informsi," tandas Handayani Ningrum. (red/hmb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: