Investasi Bertumbuh, Kades Diminta Berdayakan Warga

Investasi Bertumbuh, Kades Diminta Berdayakan Warga

Bupati Batang, Wihaji

BATANG - Bupati Batang, Wihaji, meminta seluruh Kepala Desa (Kades) di wilayahnya untuk memunculkan inovasi serta potensi yang dimiliki. Bupati pun menyitir kemenangan perang dagang oleh Cina, di mana lompatan mereka mampu mengalahkan negara adidaya Amerika.

Ia mengharap, lompatan, kreatifitas, inovasi, dan semangat perubahan Negara Cina bisa menginspirasi para kades dalam membangun daerah. "Negara kita perkembangannya pun sangat cepat sekali, begitu juga dengan Batang. Kalau kita tidak siap dan tidak menyesuiakan, akan tertinggal," kata Wihaji, kemarin.

Oleh karena itu, para kades diminta kompak dan memiliki semangat perubahan serta inovasi yang dimulai dari desa dengan karakater, budaya, maka akan menjadi kekuatan.

"Batang akan mandiri dan berdaya saing kalau para kades dapat merubah desanya dengan inovasi pelayanan publik yang cepat, transparan, mudah, dan sederhana. Petakan masalah, cari solusi dan gali potensi desa serta tampilkan kekayaan yang dapat meningkatkan pendapatan desa yang muaranya untuk kesejahteraan," harap Wihaji.

Disampaikan juga, dengan di tetapkanya Perda RTRW di tahun 2020, maka Batang akan kebanjiran investor dari dalam negeri mupun luar negeri.

"Tahun 2020 Batang butuh 10.000 lebih tenaga kerja untuk perusahaan garmen, furnitur dan manufaktur. Maka siapkan warga kita, jangan jadi penonton dan tangkap peluang usaha," jelasnya.

Ke depan, Pemkab Batang juga akan merealisaikan konsep Bazar Bisnis dengan membangun Batang Teras Pandawa untuk pusat hiburan, kuliner, UMKM dengan ekonomi kreatifnya.

"Batang Teras Pandawa lokasinya akan ada di sebalah Hutan Kota Rajawali. Konsepnya hiburan dan UMKM ekonomi kreatif yang diisi oleh pengusaha Batang," tutup Wihaji. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: