Perusda Jangan Sampai Rugi, Apalagi Bangkrut

Perusda Jangan Sampai Rugi, Apalagi Bangkrut

anggota Komisi C DPRD Batang, H Muafie

SEBUAH pemerintahan bisa saja down karena kondisi neraca keuangan yang kolaps. Tetapi tidak dengan BUMN maupun BUMD, yang selain memiliki fungsi sosial juga harus memiliki orientasi profit.

"Maka Perusda ini harus bekerja dengan prinsip manajemen umum, selayaknya perusahaan swasta yang tetap bertumpu pada profesionalitas, efisiensi dan lainnya. Perusda tetap memiliki tanggung jawab sosial karena uangnya dari negara, dari rakyat, tapi ia tak boleh bangkrut," ungkap anggota Komisi C DPRD Batang, H Muafie, baru-baru ini.

Menurut dia, sebuah OPD seperti Dinsos dan BPBD boleh saja kehabisan anggaran karena ada bencana besar misalnya. Tetapi lain rumusnya dengan BUMD, aspek pertanggungjawabannya juga tetap profesional.

"Sebagai penopang Pendapatan Asli daerah (PAD), Perusda harus diupayakan sehat dan produktif. Jangan sampai terus merugi, apalagi bangkrut misalnya. Kalau sampai tak produktif, harus dikaji, didiagnosa, di mana pangkal masalahnya. Fungsi tanggung jawab mereka dalam menyejahterakan rakyat justru pada pelayanan dan terutama kontribusinya bagi PAD. Toh, besarnya kontribusi ini akan menjadi APBD yang penggunaannya nanti juga untuk pembangunan daerah," jelas Muafie, yang juga Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Batang. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: