Petugas Damkar Cek dan Perbaiki Hydrant

Petugas Damkar Cek dan Perbaiki Hydrant

PENGECEKAN - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satpolkar Kendal melakukan pengecekan dan perbaikan hydrant.

KENDAL - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Satpolkar Kabupaten Kendal melakukan pengecekan dan perbaikan hydrant yang tersebar di berbagai tempat di Kabupaten Kendal. Pengecekan yang telah dilaksanakan sejak awal Maret itu, antara lain menyasar kawasan perkantoran Pemkab Kendal dan pasar tradisional.

Kasi Operasional dan Pengendalian Kebakaran pada Satpolkar Kabupaten Kendal, Ria Listianasari, mengatakan, di Kabupaten Kendal terdapat 48 hydrat yang tersebar di sejumlah wilayah. "Pengecekan hydrant ini telah menjadi agenda rutin Satpolkar Kendal, dilaksanakan minimal setahun sekali," katanya, Jumat (13/3/2020).

Diungkapkan, pengecekan dilakukan bersama PDAM Tirto Panguripan Kendal. Tujuannya untuk menjaga agar kondisi hydrat tetap baik, sehingga siap digunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Pengecekan rutin dilakukan untuk memastikan kondisinya benar-benar bagus, sehingga siap digunakan kapan pun," terang Ria.

Menurutnya, selain kawasan perkantoran dan pasar, sebaiknya untuk perumahan dan gedung juga dilengkapi dengan hydrant atau tandon air besar yang minimal berisi 9.000 liter air. Keberadaan hydrant itu dinilai penting untuk antisipasi adanya kebakaran yang bisa terjadi kapanpun.

"Tidak semua tempat berada dekat sungai dan pada musim tertentu kondisi sungai kadang sedikit airnya, sehingga hydrant harus ada dan siaga digunakan kapanpun," pungkasnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: