Petugas Puskesmas Dianjurkan Ucap Kata Maaf Usai Layani Warga

Petugas Puskesmas Dianjurkan Ucap Kata Maaf Usai Layani Warga

Wabup Suyono berdialog dengan salah satu pasien rawat inap di puskesmas Bawang.

Batang - Tugas publik servis, seperti di puskesmas ataupun rumah sakit harus mengedepankan kepribadian yang ramah, sopan santun dan murah senyum. Bahkan salah satu yang paling penting adalah selalu diakhiri kata maaf kepada pasien usai memberikan pelayanan.

"Kata maaf ini diperlukan karena pelayanan yang diberikan kadang kala dianggap kurang memuaskan. Selain itu, juga merupakan cermin kerendahan diri kita sebagai pelayan masyarakat. Biasanya masyarakat menilai pelayanan hanya dari gestur saja, jika ramah, senyum dan sopan, mereka akan senang," ujar Wakil Bupati Batang, Suyono saat menghadiri acara Akreditasi Puskesmas Bawang. Sabtu (21/12/19).

Suyono menjelaskan, kesehatan yang merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Batang. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan guna meningkatkan layanan kesehatan.

Selain itu, perluasan jangkauan dan peningkatan mutu kesehatan juga secara berkesinambungan terus ditingkatkan Pemkab Batang.

Tak hanya meningkatkan pelayana publik saja, Suyono juga berharap seluruh karyawan puskesmas juga harus selalu menjaga kekompakan di lingkumgan internal, sehingga tidak ada ego sektoral bisa merugikan diri sendiri maupun bagi karyawan yang lain.

"Jadilah karyawan yang memiliki dedikasi, loyalitas, dan integritas yang tinggi sesuai sumpah janji ASN," harap Suyono.

Publik servise yang baik selalu diharapkan dan ditunggu oleh masyarakat, baik secara bahasa tubuh maupun kompetensi keilmuanya. Karena masyarakat sekarang kritis-kritis dalam menyikapi setiap pelayanan yang berikan.

"Penilaian publik servise ada di masyarakat, sehingga harus benar- benar profesional dalam memberikan pelayanan pasien. Jika dianggap baik, maka masyarakatlah yang akan mempromosikan ke yang lainnya," tandas Suyono. (rad/hmb)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: