Marak Konten Tawuran ABG, Guru Diminta Tak Gaptek

Marak Konten Tawuran ABG, Guru Diminta Tak Gaptek

konten tawuran marak--

BATANG - Kasus tawuran pemuda di perbatasan Batang dan Pekalongan, Jumat (13/1/2023) menyebabkan satu korban meninggal dunia. Setelah diselidiki, tawuran tersebut dilatarbelakangi untuk membuat konten di media sosial. 

 

Menanggapi hal tersebut, Dewan Pakar DPP PKS, Rizal Bawazier turut prihatin. Ia menyayangkan, jika kasus yang merenggut nyawa salah satu pemuda tersebut dipicu karena ingin membuat konten. 

 

Ia pun berharap, orang tua dan guru bisa lebih melek teknologi dan tidak gaptek. Harapannya mereka bisa lebih memantau aktivitas anak di media sosial mereka, sehingga bisa diarahkan untuk hal-hal yang lebih positif. 

 

"Ternyata hal tersebut dilakukan untuk bagian pembuatan konten. Mereka ini harus butuh perhatian lebih dari orang tua dan juga sekolah. Orang tua dan guru juga harus melek teknologi dan tidak gaptek. Sehingga mereka bisa mengawasi dan bisa mengarahkan potensi anak ke sisi positif," ujarnya saat diwawancarai Radar Pekalongan, Senin (23/1/2023).

 

Dikatakan Rizal, melihat inisiatif pembuatan konten, seharusnya pelajar tersebut memiliki potensi yang harus dikembangkan. Namun memang jalan yang telah mereka ambil tersebut kurang tepat. Sehingga sudah menjadi tugas orang tua dan sekolah untuk mengembangkan potensi mereka ke arah yang positif. 

 

"Di sekolah mereka didorong untuk tidak hanya meningkatkan hardskill tapi juga soft skill. Dan softskill tersebut bisa dikembangkan dengan dukungan kemajuan IT. Nah orang tua dan guru perlu tahu juga perkembangan IT, untuk bisa mengetahui apa sih sebenarnya yang sering anak akses di IT, sehingga dari minat tersebut bisa diarahkan," imbuhnya. 

 

Politisi PKS Kabupaten Batang, Shidqon Hadi menyebut kasus tersebut dapat terjadi lantaran kemajuan IT yang tidak diimbangi keluasan pengetahuan, kematangan intelektual, serta kepribadian. Oleh karenanya, peran serta orang tua dan guru masih diperlukan untuk mengarahkan anak agar bisa memanfaatkannya secara positif. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: