Polda Jateng Uji coba ETLE Drone di wilayah Kabupaten Pekalongan

Polda Jateng Uji coba ETLE Drone di wilayah Kabupaten Pekalongan

UJI COBA - Ditlantas Polda Jawa Tengah melaksanakan giat uji coba dan sosialisasi ETLE drone di Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/1/2023).--

Ditlantas Polda Jawa Tengah melaksanakan giat uji coba dan sosialisasi ETLE drone di Kabupaten Pekalongan, Selasa (24/1/2023).

 

Kegiatan dilaksakan di Simpang Traffic Light Exit Tol Bojong, Kabupaten Pekalongan. Uji coba tersebut dipimpin Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Iptu Doohan Octa Prasetya, didampingi Kanit VI AKP Afandi, Kanit Gakkum Satlantas Polres Pekalongan Ipda Maman Sugiarto dan Kanit Turjawali Ipda Bagus Prakoso.

 

Dalam uji coba tersebut juga menggandeng Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Heri, dari Semarang sebagai mentor operasional ETLE drone di lapangan.

 

Iptu Doohan menuturkan, pihaknya telah melaksanakan kegiatan uji coba penindakan melalui ETLE drone. Dimana mekanisme penindakannya sama seperti dengan ETLE pada umumnya, yakni statis dan mobile. “Namun media yang digunakan adalah dengan alat khusus berupa drone, sehingga kami mengcapture pelanggaran dengan menggunakan drone,” ujarnya.

 

“Sementara untuk penggunaan ETLE drone akan difokuskan di persimpangan jalan dan lokasi rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

 

Menurutnya, ETLE drone semata-mata bertujuan untuk mendisiplinkan pengguna jalan supaya tertib berlalu lintas, dimana kecelakaan lalu lintas berawal dari adanya pelanggaran.

 

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tertib berlalu lintas karena hal tersebut merupakan cermin budaya bangsa. “Imbauan tertib berlalu lintas ini tentunya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: