Bantu Warga yang Kekeringan, Kapolda Jateng Serahkan Bantuan 2 Sumur Bor di Kabupaten Pekalongan

Bantu Warga yang Kekeringan, Kapolda Jateng Serahkan Bantuan 2 Sumur Bor di Kabupaten Pekalongan

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mencoba air dari sumur bor bantuan Polri untuk masyarakat Dukuh Padurekso, Desa Legokalong, Kecamatan Karanganyar.-Hadi Waluyo-

KAJEN - Untuk membantu warga yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menyerahkan bantuan dua sumur bor di Kabupaten Pekalongan.

Penyerahan bantuan sumur bor dilaksanakan di Dukuh Padurekso, Desa Legokalong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Selasa, 7 November 2023. Bantuan sumur bor ini untuk masyarakat di Dukuh Padurekso, Desa Legokalong, Kecamatan Karanganyar, dan masyarakat Desa Sastrodirjan, Kecamatan Wonopringgo.

Bantuan diserahkan langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi. Hadir dalam kegiatan ini Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, unsur Forkompinda Kabupaten Pekalongan, dan Kapolres se-ekswil Pekalongan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, bantuan sumur bor merupakan bagian dari kegiatan bakti sosial Polri untuk negeri. Diharapkan dengan program ini, Polri sebagai representasi negara bisa hadir di tengah masyarakat.

Baca juga:Sumur Mengering, Warga Padurekso di Kabupaten Pekalongan Krisis Air Bersih

"Pada pagi hari ini kita melaksanakan kegiatan akselerasi dalam rangka trust building masyarakat. Polri yang merupakan representasi negara hadir di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai bentuk kegiatan. Diantaranya adalah bakti kesehatan dan bakti sosial," kata Kapolda Jateng. 

Kapolda menyampaikan, akselerasi itu dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama dipusatkan kegiatannya di Kendal. Hampir ada 27 sumur bor.

"Hari ini juga sama zoom dengan seluruh Kapolres. 25 sumur di masing-masing kabupaten/kota, 35 pompa kemudian tandon air. Ini semua kita laksanakan secara serentak," katanya. 

Kapolda Jateng menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kapolres di jajarannya atas pembangunan sumur bor.

"Semoga kegiatan ini menjadi amalan dinas bagi rekan-rekan semua untuk masyarakat kita," harap dia.

Baca lagi:37 Desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Alami Kekeringan, BPBD Dropping 1.785.000 Liter Air Bersih

Ahmad Luthfi meminta masyarakat untuk merawat keberlangsungan sumur bor agar dapat terus bermanfaat bagi masyarakat.

“Ini hanyalah setitik kebaikan dari Polri yang sekiranya bisa menggetarkan masyarakat bahwa Polri ada," ungkapnya.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi menyampaikan, sesuai data BPBD Kabupaten Pekalongan, ada lima kecamatan yang mengalami kekeringan cukup parah atau zona merah. Dari lima kecamatan itu, Polres Pekalongan telah membuat sumur bor di tiga tempat. Yakni di Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen, Desa Legokalong Kecamatan Karanganyar dan Desa Sastrodirjan Kecamatan Wonopringgo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: