Pakai Bantuan Drone, Kodim dan Pemkot Pekalongan Buka Lahan Tidur di Degayu Pekalongan Utara

Pakai Bantuan Drone, Kodim dan Pemkot Pekalongan Buka Lahan Tidur di Degayu Pekalongan Utara

Kodim 0710/Pekalongan dan Pemkot Pekalongan membuka lahan tidur di Kelurahan Degayu Kecamatan Pekalongan Utara dengan menggunakan drone.-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kodim 0710/Pekalongan bersinergi dengan Pemerintah Kota Pekalongan membuka lahan tidur seluas 5 hektare di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Sebelumnya, lahan tersebut tidak dapat ditanami karena terendam air rob selama kurang lebih 10 tahun.

Pembukaan lahan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya di Kota Pekalongan.

Menariknya, pembukaan lahan tidur ini sudah menggunakan teknologi baru, yakni teknologi drone.

BACA JUGA:Warga RW 02 Tirto Kota Pekalongan Sumringah, Jalannya Kini Lebih Tinggi dan Mulus berkat TMMD

BACA JUGA:Festival Pangan 2024, Sinergi Kota Pekalongan Bangun Ketahanan Pangan di Tengah Perubahan Iklim

Kasdim 0710/Pekalongan Mayor Arh Akhmad Thohir mengatakan, drone tersebut digunakan untuk penyemprotan cairan pembasmi rumput liar yang tumbuh di lahan tersebut.

"Penyemprotan dengan drone dipilih karena lebih cepat dan efisien dalam membasmi rumput liar yang tumbuh di lahan ini. Selain itu, metode ini juga menghemat energi dan biaya," ujar Mayor Thohir, Rabu, 12 Juni 2024.

Ia juga mengungkapkan harapannya agar lahan yang telah dibuka ini dapat menjadi percontohan bagi para petani, khususnya di Kota Pekalongan.

"Kami berharap ini bisa menjadi model yang bisa ditiru oleh petani lain dalam memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar mereka," tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan Lili Sulistyawati, turut mengapresiasi langkah yang diambil oleh Kodim 0710/Pekalongan yang turut mendukung peningkatan produksi pangan di Kota Pekalongan.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kodim 0710/Pekalongan atas dukungan mereka. Ini adalah langkah positif dalam mendukung sektor pertanian dan meningkatkan produksi pangan di Kota Pekalongan," kata Lili.

Ditambahkan Lili, pada lahan seluas 5 hektar ini akan digunakan benih padi Biosalin yang tahan terhadap salinitas hingga 15 PPT.

BACA JUGA:Tim Wasev Korem 071/Wijayakusuma: Program Ketahanan Pangan Kodim Pekalongan Luar Biasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: