Ditlantas Polda Jateng dan Polres Pekalongan Kota Kembali Uji Coba ETLE Drone di Kota Pekalongan

Ditlantas Polda Jateng dan Polres Pekalongan Kota Kembali Uji Coba ETLE Drone di Kota Pekalongan

Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polres Pekalongan Kota melaksanakan pemantauan arus lalin menggunakan ETLE Drone di depan Pos Exit Tol Setono, Kota Pekalongan, Jumat (1/12/2023).-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ditlantas Polda Jawa Tengah bersama Satlantas Polres Pekalongan Kota melakukan pemantauan ketertiban lalu lintas di simpang exit tol Setono Kota Pekalongan, Jumat (1/12/2023) dengan menggunakan sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Drone.

Kegiatan dipimpin langsungb Kasi Gar Subdit Gakkum Dirlantas Polda Jateng Tengah Kompol Indra Hartono.

Pada kesempatan tersebut, Kompol Indra mengatakan bahwa tim ETLE Polda Jateng dan Satlantas Polres Pekalongan Kota melakukan monitoring dan evaluasi sistem tilang elektronik. 

Dalam uji coba perdana, didapatkan 20 pelanggar dalam kurun waktu 3-5 menit. "Kebanyakan roda dua dan roda empat, roda dua itu terkait helm, juga roda empat tidak menggunakan sabuk keselamatan," jelas Kompol Indra.

BACA JUGA:ETLE Drone Mengudara di Kajen, Itungan Menit Pelanggar Lalu Lintas Tercapture Kamera Ditlantas Polda Jateng

BACA JUGA:ETLE Drone Diuji Coba di Kota Pekalongan

Menurut dia, ETLE drone sangat efektif merekam pelanggaran lalu lintas kendaraan roda dua dan empat.

Pengawasan lalu lintas kini semakin canggih. Sistem ETLE Drone bekerja dengan merekam langsung pengendara yang tidak tertib dari jarak jauh. 

Berbeda dengan ETLE statis, ETLE Drone bisa berpindah-pindah ke banyak titik.

"Keberadaan ETLE drone tersebut diharapkan bisa dukung keberadaan ETLE statis maupun mobile," ujar Kompol Indra.

Kompol Indra juga menjelaskan kecanggihan teknologi ETLE drone bisa menekan pelanggaran lalu lintas dan menurunkan kecelakaan.

BACA JUGA:Ujian Praktik SIM di Polda Jateng Berubah, Tak Ada Lagi Lintasan Angka 8

Dengan adanya penegakan hukum tersebut, dia berharap bisa ikut menciptakan situasi kondusif menjelang Pemilu 2024 agar berlangsung aman, tertib, dan damai di Kota Pekalongan.

Kasat Lantas Polres Pekalongan Kota, AKP Yuna Ahadiyah melalui Kanit Penegakan Hukum Satlantas Polres Pekalongan Kota Ipda Mustaqim, menambahkan bahwa kegiatan ini sekaligus untuk menyosialisasikan penggunaan sistem ETLE drone sebagai salah satu cara melakukan penegakan pelanggaran lalu lintas oleh jajaran kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: