ETLE Drone Mengudara di Kajen, Itungan Menit Pelanggar Lalu Lintas Tercapture Kamera Ditlantas Polda Jateng

ETLE Drone Mengudara di Kajen, Itungan Menit Pelanggar Lalu Lintas Tercapture Kamera Ditlantas Polda Jateng

Ditlantas Polda Jateng sosialisasi gakkum dengan etle drone di Tugu 0 KM Kota Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis, 7 September 2023.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN - Tim ETLE Ditlantas Polda Jawa Tengah menggandeng Polres Pekalongan dalam melaksanakan sosialisasi penegakan hukum dengan menggunakan ETLE Drone di Kota Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis, 7 September 2023.

Kegiatan sosialisasi ETLE Drone ini dilaksanakan di sekitar Tugu 0 KM Kajen. Dihadiri oleh tim ETLE Ditlantas Polda Jawa Tengah, diantaranya Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Kompol Indra Hartono, Kanit 5 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng AKP Agista Ryan Mulyanto, Kanit 6 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng AKP Tri Afandi, dan Bripka I Gede Wikrama Yuda.

Dalam pelaksanaannya, hanya dalam beberapa menit saja beberapa kendaraan yang melanggar pun langsung tercapture oleh ETLE Drone.

“Ada sekitar lima kendaraan yang tertangkap ETLE Drone dalam hitungan beberapa menit saja,” kata Kompol Indra.

Baca juga:ETLE Drone Diuji Coba di Kota Pekalongan

Dijelaskan, penggunaan ETLE Drone ini merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka penegakan hukum, khususnya di Jawa Tengah. Dengan penerapan ETLE Drone akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengendara yang sudah tertib berlalu lintas. 

Oleh karena itu, pihaknya bersama Polres Pekalongan melaksanakan sosialisasi penegakan hukum dengan menggunakan ETLE Drone di wilayah Kabupaten Pekalongan.

“Selain untuk penegakan hukum, ETLE Drone juga dapat digunakan untuk pemantauan arus, sehingga nantinya dapat menciptakan kamseltibcar lantas,” ujar Kompol Indra.

Ia mengungkapkan, ETLE Drone mempunyai kelebihan dibanding ETLE statis. ETLE Drone bisa digunakan pada titik-titik tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh kamera statis.

Baca lagi:Polda Jateng Uji coba ETLE Drone di wilayah Kabupaten Pekalongan

“Jadi, kalau ETLE statis ini kan hanya di satu titik saja, sedangkan ETLE Drone memungkinkan kita untuk mobile kemana-mana ketika pelanggar tidak tercakup oleh ETLE statis. Untuk jangkauannya juga lebih panjang, bisa satu kilometer sehingga jika ada pengendara yang jauh masih bisa kita pantau,” katanya.

Kompol Indra menyampaikan, di tingkat Jawa Tengah sendiri sudah ada beberapa motor yang kena tindakan dari ETLE Drone.

“Setiap harinya ada 100 kendaraan yang terkena tindakan ETLE Drone, dan selama tiga hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi ini hampir 100 juga,” ungkapnya.

Dengan adanya sosialisasi ETLE Drone ini, Kasi Gar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng berharap kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, sehingga dapat menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: