Vaksin Booster Demi Perjalanan Luar Kota

Vaksin Booster Demi Perjalanan Luar Kota

VAKSINASI - Petugas Dinkes Batang saat menyuntikkan booster kedua pada masyarakat umum di gedung PSC 119.--

*Layanan Vaksinasi PSC 119 Diserbu Ratusan Warga

 

BATANG - Pemerintah secara resmi telah memperbolehkan masyarakat umum untuk memperoleh vaksinasi COVID-19 dosis booster yang kedua yang diberikan secara gratis. Layanan vaksinasi ketiga ini ternyata disambut antusias, di mana setiap harinya diserbu ratusan warga.

 

Vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor HK.02.02/C/380/2023 Tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi Kelompok Masyarakat Umum. SE ini ditetapkan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tertanggal 20 Januari 2023.

 

Upaya pemberian vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum ini bertujuan untuk meningkatkan proteksi masyarakat Indonesia dari COVID-19. Hal ini mempertimbangkan data dan situasi epidemiologi kasus COVID-19 dan adanya varian baru, sehingga perlu adanya percepatan vaksinasi COVID-19 di tahun 2023, baik vaksinasi primer dan booster.

 

Adapun di Kabupaten Batang, pemberian vaksinasi booster kedua bagi masyarakat umum sudah mulai dibuka oleh Dinas Kesehatan setempat pada 24 Januari 2022 kemarin.

 

"Sudah kami layani bagi masyarakat umum yang ingin mendapat booster kedua di gedung PSC 119 sejak 24 Januari kemarin. Dan alhamdulillah antusias warga cukup tinggi, dibuktikan dengan ratusan warga yang berdatangan setiap harinya," ujar Kasi Surveilen Imunisasi dan KLB Dinkes Batang, Amat Zainudin, Rabu (25/1/2022).

 

Ia mengatakan, bahwa mayoritas warga yang menyerbu gedung PSC 119, adalah mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar kota bahkan luar pulau. "Sebelumnya, vaksinasi Booster kedua telah lebih dulu diberikan kepada kalangan nakes dan lansia," terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: