Murid PAUD Diajak Kelola Sampah Jadi Rupiah

Murid PAUD Diajak Kelola Sampah Jadi Rupiah

DOK - Keseruan kegiatan diluar kelas anak-anak PAUD.--

KOTA - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan menggalakkan program pengelolaan sampah bagi sekolah PAUD agar sampah yang mereka miliki bisa menjadi rupiah. 

 

Disampaikan Kepala Dindik Kota Pekalongan Zainul Hakim bahwa program ini merupakan program yang sudah berjalan di beberapa sekolah yaitu SD dan SMP. Sedangkan untuk jenjang PAUD baru akan terlaksana sesuai dengan perencanaan.

 

"Kita ada pembagian wilayah empat Kecamatan, nanti kita akan kondisikan bagaimana teknis pengumpulan hingga pengelolaan dan sebagainya," ungkap Zain.

 

Dijelaskan lebih lanjut olehnya, program pengelolaan sampah ini juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bahkan DLH siap jika harus mengambil, menampung bahkan mengganti sampah tiap beratnya dengan rupiah.

 

"Saya fikir ini ide yang bagus ya, saat ini ketika kita meminta partisipasi orang tua untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik masih agak sulit meskipun bentuknya infak. Oleh karena itu rasanya pengelolaan sampah ini menjadi solusi praktis dari berbagai masalah, mulai dari pengurangan sampah, hingga sekolah memiliki dana cadangan dari pengumpulan sampah," imbuhnya.

 

Pihaknya berharap, dengan adanya program ini bisa menyelesaikan permasalahan sampah dari hulunya, serta mengatasi permasalahan-permasalahan mengenai pembiayaan sekolah yang belum bisa tercover secara optimal. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: