Cegah Korupsi, Pemkab Batang Siap Teken MoU dengan APH

Cegah Korupsi, Pemkab Batang Siap Teken MoU dengan APH

ZOOM MEETING - PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki usai mengikuti Zoom Meeting di Command Center Kabupaten Batang, Rabu (25/1/2023). --

BATANG - Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Batang kembali akan melakukan kerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) Inspektorat, Polres, dan Kejari Batang. Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti 

Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Republik Indonesia, dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang Koordinasi APIP dengan APH. 

 

Selain itu, kerjasama ini juga diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama aparatur negara. Sehingga dapat menunjang tercapainya pembangunan yang menyejahterakan rakyat.

 

Hal ini seperti dikatakan PJ Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki usai mengikuti Zoom Meeting di Command Center Kabupaten Batang, Rabu (25/1/2023). 

 

“Sinergitas APH dengaan APIP sebagai kesatuan dukungan yang perlu ditingkatkan untuk mendukung percepatan penangan tindak pidana korupsi,” ujarnya. 

 

Menurut Lani, pengawasan seperti ini sudah dibangun mulai tahun 2018 hingga 2023. Oleh karenanya, akan dilakukan pembaharuan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara inspekrorat dengan APH. Yang diharapkan, bisa menghindari tindak pidana korupsi di semua unsur pemerintah. 

 

“Potensi tindak pidana korupsi dan penyalahgunaan kewenangan itu ada di semua lembaga pemerintahan. Maka harus ada pencegahan melalui pengawasan ini,” ujar dia. (nov)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: