Kemenag Tunggu Keppres Biaya haji

Kemenag Tunggu Keppres Biaya haji

PENDAFTARAN HAJI - Suasana pendaftaran calon haji di gedung PLHUT, Kantor Kemenag Kabupaten Batang.--

*Terkait Rencana Kenaikan BPIH 2023

 

BATANG - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang menyatakan hinga kini masih menunggu Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1444 H/2023 M yang diusulkan naik oleh Kementerian Agama RI.

 

"Ya kami masih menunggu kabar dari pusat. Karena biaya haji resminya nanti akan dikeluarkan melalui Keppres (Keputusan Presiden) setelah usulan Menag disetujui oleh DPR-RI," ungkap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Batang, Lutfi Hakim, Kamis (26/1/2023).

 

Seperti diketahui, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas mengusulkan kenaikan BPIH 1444 H/2023 M menjadi kisaran Rp 69,2 juta dari sebelumnya Rp 39,8 juta per jamaah di 2022.

 

Usulan kenaikan biaya haji ini disampaikannya saat memberikan paparan dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR, Kamis (19/1/2023). Raker ini membahas agenda persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini.

 

Wacana kenaikan biaya ibadah haji itu pun langsung mendapat respon dari warga. Mereka mengeluhkan besarnya biaya untuk melaksanakan rukun Islam  ke-5 itu di tahun 2023.

 

Salah seorang warga, Yusuf dari Kecamatan Subah mengatakan, meskipun masih menjadi wacana, namun kabar tersebut cukup mengagetkan baginya dan warga lain yang berkeinginan mendaftar sebagai calon jamaah haji tahun ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: