Kirap Suci Imlek di Kota Pekalongan Digelar Kembali

Kirap Suci Imlek di Kota Pekalongan Digelar Kembali

BERSIHKAN - Warga Tionghoa saat membersihkan salah satu benda di Klenten Pho An Tian. Kirab Suci Imlek akan kembali dilaksanakan tahun ini setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19.--

KOTA - Kirab Suci Imlek di Kota Pekalongan akan digelar kembali tahun ini setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan akibat Pandemi Covid-19. Kirab Suci Imlek akan dilaksanakan pada 4 Februari 2023 mendatang dalam rangkaian Festival Imlek Pintu Dalem di Jalan Belimbing Kota Pekalongan.

 

Humas Peringatan Imlek, Wisnu Budiarto mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengundang tokoh masyarakat, wali Kota dan jajaran pejabat Pemkot Pekalongan, Habib Lutfi bin Yahya, jajaran DPRD, TNI, dan Polri yang nantinya akan memberi pengarahan sekaligus melepas kirab. "Peserta kirab suci ini dari berbagai unsur terutama dari klenteng. Total ada 12 tandu yakni 11 tandu arca dewa-dewi dan 1 tandu pedupaan, kami kerja sama dengan pihak klenteng dan vihara," beber Wisnu. 

 

Disebutkan Wisnu, selain cosplay dewa-dewi seperti Dewi Kwan Im, Sun Go Kong, Biksu Tong, dan yang lainnya, banyak sekali pertunjukan dalam rangkaian kegiatan ini. "Nantinya juga ada pertunjukan dari samping Sanggar Seni Semarang dan SMK SUPM Batang," kata Wisnu. 

 

Terkait rute kirab disampaikan Wisnu, dimulai dari Jalan Belimbing - Jalan Jeruk - Jalan Sultan Agung - Jalan Salak lurus jembatan gambaran ke arah monumen - Jalan Hayam Wuruk - Jalan Hassanudin - Jalan Belimbing. "Untuk tema khusus tidak ada namun kami ingin mendukung dan berkolaborasi dengan pemkot untuk membangkitkan UMKM dan ekonomi di Kota Pekalongan," jelas Wisnu. 

 

Adapun rangkaian Festival Imlek Pintu Dalem selain kitab yakni pertunjukan barongsai, pementasan seni dan budaya, festival kuliner dan multiproduk, hiburan, serta live musik.(nul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: