Terkait Kabar Penculikan Anak, Sekolah Diminta Lebih Waspada

 Terkait Kabar Penculikan Anak, Sekolah Diminta Lebih Waspada

Kholid.--

 

KAJEN –  Menyikapi maraknya kabar penculikan di sejumlah daerah akhir-akhir, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pekalongan meminta agar sekolah meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan tersebut.

 

Sebagai langkah antisipastif, Dindikbud Kabupaten Pekalongan membuat surat edaran berisi imbauan agar sekolah atau satuan pendidikan meningkatkan kewaspadaannya terhadap aksi penculikan anak.

 

Dalam surat edaran itu disebutkan, satuan pendidikan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pengawasan, perlindungan dan penjagaan di masing-masing lingkungan satuan pendidikannya. Agar memberikan sosialisasi dan arahan terhadap siswa untuk berhati-hati dan tidak sembarangan berinteraksi dengan orang yang tidak dikenal.

 

Selanjutnya, satuan pendidikan diminta mengektifkan peran petugas keamanan sekolah dan guru piket untuk memantau dan mengawasi peserta didik terutama pada waktu-waktu jam istirahat, jam pulang sekolah dan waktu kegiatan ekstra kurikuler. Serta menjalin komunikasi yang lebih intensif dengan orang tua siswa serta mengenali pihak keluarga atau orang yang ditugaskan pihak keluarga untuk mengantar maupun menjemput anaknya di sekolah.

 

Langkah antisipatif lainnya dengan melakukan edukasi secara terus menerus kepada siswa dan orang tua, tentang pentingnya berhati-hati dengan orang asing dan apa yang harus dilakukan saat ada orang asing yang mengajak anak keluar dari lingkungan sekolah.

 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Kholid, kemarin, mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat imbauan ke satuan pendidikan di Kabupaten Pekalongan. “Satuan pendidikan, terutama guru, untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi penculikan anak,” tutur Kholid.

 

Kholid menyampaikan, sampai saat ini, belum ada laporan kasus penculikan anak di Kabupaten Pekalongan. Ia berharap tidak terjadi kasus penculikan di Kabupaten Pekalongan. Pihaknya juga melakukan langkah antisipatif dengan mengedarkan imbauan agar sekolah meningkatkan kewaspadaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: