Sering Kebanjiran, RSUD Usulkan Peningkatan Bangunan

Sering Kebanjiran, RSUD Usulkan Peningkatan Bangunan

LANGGANAN BANJIR - Di musim hujan, lingkungan RSUD Batang sering menjadi langganan banjir akibat limpasan air dari Jl Dr Wakhidin.--

 

BATANG - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kabupaten Batang usulkan anggaran peningkatan bangunan yang acap kali dilanda banjir apabila turun hujan dengan intensitas tinggi.

 

Direktur RSUD Batang, Mochamat Ali Balkhi mengatakan, limpasan air yang menggenang di Jalan Dr Wahidin seringkali masuk ke sejumlah ruangan, sehingga sedikit mengganggu aktivitas pelayanan.

 

"Air limpasan ini kerap terjadi saat hujan deras mengguyur. Faktornya adalah kondisi gedung yang masih terbilang rendah dibandingkan bangunan lainnya. Ada dua gedung yang tergenang, yaitu Ruang Diklat dan Ruang Mawar," terangnya, didampingi Kabag Tata Usaha RSUD Kalisari Batang, Sunarto, Rabu (1/2/2023).

 

Ia mengatakan, dua ruangan itu mendesak untuk segera dilakukan peninggian. Terlebih memasuki musim penghujan seperti sekarang ini. Genangan air dipastikan masuk, dan harus disedot untuk bisa dikeluarkan.

 

"Kami sudah usulkan ke Pemkab Batang dan setiap kali ada kunjungan dari anggota DPRD Kabupaten Batang, pasti kami sampaikan keluhan itu. Semoga usulan kami diterima dan dapat segera dilakukan peninggian gedung," katanya.

 

Dijelaskan Ali Balkhi, ruang diklat itu sebelumnya difungsikan sebagai kamar bersalin, dan ruangan itu tergolong bangunan lawas. Adapun ketinggian genangan banjir bisa mencapai semata kaki.

 

Diketahui banjir terjadi akibat limpasan dari Jalan Dr Wahidin yang ada di sebelah RSUD Batang. Jalan tersebut tergenang seluruhnya sepanjang 1,2 kilometer. Kedalamannya hingga 50 sentimeter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: